Tutorial

Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik


Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik – Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengskes atau me-remote router mikrotik. Tentunya hal tersebut kita lakukan untuk membantu kita melakukan setting/konfigurasi router mikrotik tersebut, terutama mikrotik yang jenis routerboard. Karena ada juga jenis router PC, dimana kita tidak perlu lagi mengaksesnya dari perangkat lain, karena sudah bisa diseting langsung di router PC tersebut.

Meski begitu, akan sangat kesulitan bagi yang belum terbiasa, karena tampilannya hanya berbasis command line saja (bukan GUI). Oleh karena itu mengakses mikrotik baik itu jenis routerboard ataupun routerPC tetap sangat disarankan, terlebih untuk melakukan banyak konfigurasi.

Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik

Berikut beberapa cara mengakses router mikrotik

Akses mikrotik melalui Winbox

Mengakses melalui winbox adalah cara yang paling mudah dan banyak yang bilang sangat friendly sekali. Winboc merupakan tools yang disediakan oleh pihak mikrotik. Winbox ini merupakan tools yang sangat populer bagi pengguna mikrotik. Mengapa? Karena kita sudah dimanjakan dengan menu-menu dan submenu yang tertata dengan rapi.

Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik

Mengakses mikrotik melalui winbox ini kita bisa menggunakan IP address dan juga Mac Address. IP address ataupun MAC Address dari mikrotik kita masukan ke kolom Connect To, kemudian login dan password juga, setelah itu klik tombol Connect, dan kita sudah mengakses mikrotik melalui winbox.

Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik

Winbox bisa kita dapat dari situs www.mikrotik.com atau juga bisa download dari router mikrotik via web/http.

Webfig

Interface mikrotik via web ini sudah diperkenalkan sejak versi 5.0, tentunya dengan fungsi-fungsi yang sama seperti winbox. Coba akses webfig router mikrotik Anda menggunakan web browser. Caranya, pada address bar masukan alamat IP address router mikrotik, lalu tekan enter.

Cara Mudah Mengakses (Remote) Router Mikrotik

Configure via Terminal

Dalam kondisi tertentu remote mikrotik melalui interfaces GUI tidak memungkinkan yang bisa saja disebabkan oleh, keterbatasan Bandwith, kebutuhan untuk running script, dll. Oleh karena itulah cara terbaik meremote nya hanya melalui terminal. Remote atau konfigurasi melalui terminal bisa dilakkan dengan cara:

  • Telnet (via port 23, non secure connection)
  • SSH (via port 22, secure connection)
  • Serial Console (kaebl serial)

Kita bisa menggunakan Command prompt (untuk telnet), atau program SSH/Telnet client lain seperti Putty, winSCP untuk remote mikrotik. Menggunakan serial console jika pada situasi seperti:

  • Serial Console digunakan apabila kita lupa/salah telah mendisable semua interface pada MikroTik.
  • Serial Console dibutuhkan juga saat kita menggunakan Netinstall.
  • Remote via serial console membutuhkan kabel DB-9 (atau converter USB ke DB-9).
  • Menggunakan program HyperTerminal.
  • Baud rate 115200, Data bits 8, Parity None, Stop bits 1, dan Flow Control None.

'