Tutorial

Cara Mudah Mengambil Screenshot Lockscreen di Windows


Semua pasti sudah tahu apa itu screenshot. Screenshot merupakan gambar yang diambil langsung dari komputer untuk mengambil gambar apa yang sedang kita kerjakan. Banyak sekali manfaat dari gambar screenshot ini, kita bisa menggunakannya untuk menunjang sebuha tutorial. Biasanya blogger banyak menggnuakan screenshot untuk tutorial.

Tidak jarang bagi kita yang aktif membuat sebuah tutorial, memebutuhkan screenshot yang diambil dihalaman lockscreen Windows. Secara default kita tidak bisa mengambil screenshot di lockscreen. Tapi ada cara mudah yang bisa kita lakukan, hanya membutuhkan sedikit software, dan kita bisa mengambil screenshot di lockscreen Windows.

Mengambil Screenshot Lockscreen di Windows

Kita membutuhkan tools PsExec yang bisa menjalankan CMD di halaman lockscreen. Kemudian kita akan menggunakan software Boxcutter untuk mengambil screeshot di halaman lockscreen Windows. Mengapa saya memilih Boxcutter, karena boxcutter menggunakan perintah di CMD untuk mengambil screenshot-nya.

Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Pertama Downlaod terlebih dahulu PsExec.

Setelah di-download, buka file yang sudah di-download dalam bentuk rar. Ekstrak file PsExec.exe saja ke folder C:/Windows/System32.

Screenshot Lockscreen Windows 10

Selanjutnya buka CMD as administrator, ketika CMD di start menu, klik kanan, Run as administrartor.

Baca: 10 Cara Rahasia Menjalankan CMD

Kalau CMD sudah dijalankan, ketika perintah di bawah ini,

psexec -sx cmd.exe

Kalau muncul jendela, klik saja Agree.

 

Screenshot Lockscreen Windows 10 - 2

Nah kalau sudah, kita ke halaman lockscreeen dengan menekan tombol Win+L. Jika sudah masuk di halaman lock screen tekan Alt+Tab, supaya menampilkan CMD. Nah sampai di poin ini, kita lanjut untuk mengambil screenshotn-nya.

Menggunakan Boxcutter

Disini kita gunakan Boxcutter, Download Boxcutter

Kalau sudah di-download, ekstrak boxcutter di mana saja Anda mau, kalau saya di C.

Masih lanjut tutorial yang di atas, posisi kita sekarang di lockscreen, dan masih menjalankan CMD. Ketik perintah “cd C:/boxcutter” untuk pindah direktori ke folder Boxcutter.

Lalu ketika perintah “boxcutter -f” untuk mengambil screenshot fullscreen, gambar akan tersimpan di clipboard.

Masuk ke desktop, buka paint, tekan Ctrl+V. Simpan Gambar.

Tutorial menggunakan Boxcutter

Screenshot Lockscreen Windows 10 - 3

Gambar di atas adalah hasil screenshot yang diambil di lockscreen.

Mengambil Screenshot Lockscreen Menggunakan Virtual Machine

Alternatif lain, kita bisa menggunakan virtual machine seperti VirtualBox untuk mengambil screenshot di lockscree. Mudah sajam install saja Windows di VirtualBox, lalu arahkan ke halaman lockscreen, ambil gambarnya. Selesai.

Cara Menginstall Windows di VirtualBox


'