Uncategorized

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor


Meninggalkan monitor dalam keadaan menyala bukan hal baru lagi saya rasa. Saya pun sering melakukan hal itu. Tapi hal itu jelas tidak baik menurut saya, karena dalam keadaan hidup, monitor akan terus memakan penggunaan listrik.

Saya yakin kamu juga sering meninggalkan monitor kamu dala keadaan hidup, entah itu sedang mendownload atau melakukan hal lain dengan komputermu. Kalau dipikir-pikir, hal ini merupakan sebuah pemborosan, meski tidak terlalu nyata. Hal ini ditambah lagi dengan sistem listrik yang menggunakan pulsa seperti hal nya ponsel. Jadi, kita membeli dulu baru bisa menggunakan. Berikut akan saya beri tipsnya bagaimana menghemat penggunaan listrik pada monitor.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor

1. Matikan Secara Manual

Paling mudah dan simpel adalah mematikan monitor dengan cara manual ketika kamu tidak menggunakannya. Pada komputer desktop akan sangat mudah melakukannya, yaitu dengan menekan tombol power yang ada pada monitor.

Kalau untuk laptop, biasanya beberapa produk ada yang menyediakan fitur untuk mematikan monitor dengan beberapa function key.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

2. Mengatur Setingan Power Plan

Di windows ada salah satu fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengatur penggunaan monitor. Dengan fitur ini kamu bisa menghemat baterai laptop ketika monitor tidak sedang digunakan.

Dengan fitur ini kamu bisa mengatur penggunaan monitor, sleep, dan kecerahan layar. Cara mengaksesnya melalui icon baterari di pojok bawah, klik kanan pilih power option.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor

Kemudian pilih change plan settings.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor

Nah, disini kamu bisa mengatur apa saja yang kamu inginkan.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor

3. Matikan Screen Saver 

Sejatinya screen saver berfungsi agar monitor selalu dalam keadaan hidup, namun disisi lain hal ini tidak dapat membantu kita dalam menghemat penggunaan energi pada monitor. Dan juga screen saver ini, dulunya digunakan untuk menghemat penggunaan energi pada monitor CRT, namun hal itu tidak berlaku lagi pada monitor LCD.

Kalau LCD saya rekomendasikan menggunakan power saving seperti yang saya katakan sebelumnya. Cara mematikan screen saver sangat mudah ya, pada desktop kamu klik kanan, pilih personalize. Setelah terbuka jendela personalize, kamu pilih screen saver yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih opsi none.

Cara Mudah Menghemat Penggunaan Listrik Monitor

Langkah yang kita lakukan untuk menghemat penggunaan energi monitor ini saya rasa memiliki manfaat lain, salah satunya menjaga kualitas monitor itu sendiri. Jadi bisa lebih awet lagi monitor yang ada. Semoga bermanfaat. 🙂