Uncategorized

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi TeamViewer


Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi TeamViewer – Jika kamu ingin me-remote komputer temanmu, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Karena menurut saya aplikasi ini sangat praktis penggunaannya.

Perlu kamu ketahui, selain untuk me-remote atau mengontrol komputer dari jarak jauh, seperti yang sudah pernah ditulis tutorialnya pada link berikut:

Team Viewer juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan transfer file. Ya, inilah salah satu fitur yang dimiliki oleh team viewer. Jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi FTP Server & Client untuk melakukan transfer file ke komputer melalui internet. Karena Team Viewer sudah meng-include keduanya. Keren kan? Bagaimana Caranya? Yuk, baca terus artikel ini sampai habis.

Cara Transfer File Melalui Team Viewer

Pastikan kamu sudah diberikan ID dan password team viewer miliki partner atau temanmu.

Setelah mendapatkan ID dan Password Team Viewer milik temanmu, isi form Partner ID sesuai dengan ID temanmu, kemudian klik connect to partner. Jika diminta password, masukkan password sesuai dengan yang ada di team viewer temanmu.

Catatan: Jika kamu hanya ingin melakukan transfer file saja, saya sarankan untuk memilih opsi File Transfer sebelum klik connect to partner.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi Team Viewer

Nanti akan muncul windows transfer file. Jika dilihat, tampilannya tidak jauh berbeda dengan FTP client seperti, Filezilla, WinSCP, dan lain-lain.

Kotak Sebelah kiri mewakili file manager komputer kamu sendiri, sedangkan yang kanan mewakili file manager komputer temanmu.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kamu bisa transfer dari komputer kamu ke komputer temanmu ataupun sebaliknya. Caranya tentukan file atau folder mana yang akan kamu transfer dan tentukan juga direktori tujuan pada pada komputer temanmu. Kemudian drag file/folder yang sudah kamu tentukan tadi ke direktori tujuan di komputer temanmu.

Seperti contoh pada gambar di bawah ini, saya akan mengirimkan folder SERTIFIKAT NIKO yang berada pada Drive D:, dengan direktori tujuan pada komputer teman saya adalah /home/niki/Documents/ , jadi, saya drag saja folder yang ingin saya transfer ke direktori tersebut.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi Team Viewer

Tunggu prosesnya, durasi waktunya bergantung besar file yang di transfer.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi Team Viewer

Jika sudah, folder tersebut akan tersedia di komputer temanmu, seperti yang ditampilkan oleh gambar di bawah ini.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi Team Viewer

Itu tadi kan kita koneknya khusus untuk transfer file. Nah, bagaimana jika kita sedang me-remote komputer, dan ingin transfer file? Apakah harus logout dulu kemudia login lagi dengan opsi transfer file? Sebaiknya kamu tidak perlu melakukan itu, karena kita bisa melakukan transfer file saat me-remoter dekstop. Barikut caranya:

Saat sedang me-remote, kamu akan melihat menu pop-up di bagian atas. Klik menu File Transfer, kemuidan pilih File Transfer.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi TeamViewer

Nanti akan muncul window baru untuk transfer file. Cara transfernya sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cara Transfer File Menggunakan Aplikasi TeamViewer

Semoga bermanfaat. 🙂


  • Rino F.T

    Mau tanya misal file yg ditransfer 1gb apa kuota paket data yg terpakai saat transfer jg 1gb?

    • Iya benar mas, sekitar 1GB-an yang akan terkuras. Umumnya sih agak lebih, karena digunakan juga untuk proses request dll.

'