Tips Tutorial

Cara Unlock / Lock Screen Android Menggunakan Sensor Shake, Proximity, dan Gravity


Seperti apakah cara Anda untuk unlock/lock screen? Apakah masih menggunakan tombol power? atau menggunakan fitur Double Tap 2 wake? Kalau begitu Anda harus mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan memanfaatkan Sensor Shake, Sensor Proximity, dan Sensor Gravity. Jadi kita tidak perlu menggunakan tombol power lagi untuk unlock/lock screen Android.

Bagaimana caranya? sebelum mengetahui caranya, ada baiknya apabila kita mengetahui dahulu seperti apa ketiga sensor itu (Shake, Proximity, dan Gravity).

lock screen

Sensor Shake

Judulnya sensor shake, tapi sebenarnya sensor yang digunakan pada fitur ini adalah sensor Accelerometer. Seperti apa cara kerjanya? Anda tahu metode yang digunakan untuk mengubah layar secara otomatis mode potrait ke mode landscape saat smartphone dimiringkan? seperti itulah sensor ini bekerja.

Sensor Proximity

Ketika Anda sedang menelfon seseorang, dan smartphone Anda dekatkan dengan telinga, apa yang terjadi? layar pada smartphone tersebut mati dan layar sentuh menjadi tidak berfungsi. Hal ini adalah salah satu fungsi dari sensor proximity agar saat menelfon tidak terganggu dengan sentuhan yang tidak disengaja.

Sensor Gravity

Seperti namanya, sudah jelas kalau sensor ini berkaitan dengan gaya gravitasi yang diterapkan ke smartphone pada tiga sumbu fisik (x, y, z). Sensor ini bekerja mengikuti arah gravitasi dari perangkat yang digunakan secara horizontal dan vertikal. Contoh sederhana ketika Anda bermain game balapan, Anda bisa membelokkan mobil dengan hanya memiringkan layar. Sekilas mirip dengan Accelerometer. Namun accelerometer hanya mendeteksi posisi saja, bukan berdasarkan gravitasi.

Cara Unlock / Lock Screen Android Menggunakan Sensor Shake, Proximity, dan Gravity

Langsung saja disimak cara unlock / lock screen dengan memanfaatkan sensor shake, proximity, dan gravity. Dalam hal ini, aplikasi yang kita gunakan adalah Smart Screen On Off PRO. Aplikasi tersebut bisa didownload di Blackmart, jadi kita install dulu Blackmart-nya.

DOWNLOAD BLACKMART

1. Install dan jalankan Blackmart. Kita cari aplikasi Smart Screen di form pencarian, seperti di bawah ini. Cari Smart Screen On Off PRO, klik lalu install dan jalankan.

download install smart screen

2. Nah dalam aplikasi ini, terdapat tiga sensor yang sudah kita sebutkan di atas tadi. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup dengan ceklis fitur yang diinginkan.

smart screen on off pro

3. Shake Sensor, dalam sensor ini ada 3 opsi. Anda bisa mengatur berapa kali gerakan untuk unlock/lock screen Android. Dan juga ada opsi agar ketika smartphone masuk ke dalam saku, maka smartphone akan otomatis terkunci.

4. Proximity Sensor, dengan mengaktifkan sensor ini, kita bisa unlock/lock screen dengan hanya mendekatkan tangan kita ke sensor. Cukup mudah bukan.

Ada juga fitur Smart Cover, jadi ini cocok untuk yang menggunakan flip cover, saat flip cover ditutup maka smartphone akan terkunci, begitu juga sebaliknya.

5. Gravity Sensor, kalau untuk sensor ini kita cukup menggerakkan smartphone maka akan terjadi aksi. Sensor ini sangat sensitive. Anda juga bisa mengunci layar hanya dengan menghadapkan layar ke arah bawah.

6. Jangan lupa untuk mengaktifkan tombol OFF menjadi ON, di pojok kanan atas.

7. Terakhir, agar aplikasi langsung berjalan sesudah booting, ceklis Automatically start on boot.

Dari ketiga sensor di atas, yang saya gunakan adalah sensor proximity, karena dengan menggunakan sensor tersebut, saya dapat dengan mudah unlock/lock screen, bahkan tanpa sentuhan.

Begitulah cara mudah memanfaatkan sensor untuk unlock/lock screen pada Android. Selamat mencoba.