News

Catat: Jadwal Rilis Ubuntu 17.04, Lihat Juga Fitur-fiturnya


Tidak terasa setelah melewati Ubuntu 16.10 (Yakkety Yak), selanjutnya akan dirilis versi terbaru yakni Ubuntu 17.04 dengan codenamed Zesty Zapus. Dan jadwal perilisan Ubuntu 17.04 sudah diumumkan.

Ubutntu akan dirilis versi Stable pada bulan April 2017, pengguna ubuntu pasti sudah siap akan tanggal tersebut. Bagaimana tidak? Pada setiap versi ubuntu memiliki maksud, kita bisa lihat pada 17.04, 17 di sini mengacu pada tahun perilisan yaitu 2017, 04 mengacu pada bulannya yaitu April.

Selain dari versinya, codenamed juga memiliki maksud tertentu. Codenamed selalu menggunakan dua kata dengan huruf awalan yang sama. Kata pertama merupakan kata sifat, dan yang lainnya merupakan nama hewan yang trancam punah.

Jadi di Ubuntu 17.04 Zesty Zapus, Zesty yang memiliki arti lincah dan menyenangkan, Zapus merupakan jenis tikus lompat yang ditemukan di Amerika.

Satu hal lagi yang unik dari Ubuntu, codenamed bertambah satu abjad dari yang sebelumnya. Ubuntu 16.10 adalah Yakkety Yak, dan Ubuntu 17.04 adalah Zesty Zapus. Ini menandakan bahwa codenamed untuk versi selanjutnya yaitu 17.10 menggunakan huruf A.

ubuntu17.04

 

Jadwal Rilis Ubuntu 17.04 Zesty Zapus

Di bawah ini adalah daftar lengkap jadwal rilis Ubuntu 17.04 Zesty Zapus:

  • 29 Desember – Alpha 1
  • 26 Januari – Alpha 2
  • 16 Februari – Fitur Freeze
  • 23 Februari – First Beta
  • 9 Maret – UI Freeze
  • 23 Maret – Final Beta
  • 30 Maret – Kernel Freeze
  • 9 April – Release Candidate
  • 13 April – Stable Release

Ubuntu 17.04 didukung dalam jangka pendek yaitu sekitar 9 bulan. Itu berarti Anda harus upgrade pada Januari 2018.

Fitur Yang Diharapkan Hadir di Ubuntu 17.04

Berbicara tentang Ubuntu 17.04, mungkin masih penasaran fitur barunya apa saja.

Unity 8

Pengguna Ubuntu sering mendengar banyak tentang Unity 8 beberapa tahun ini, tetapi sejauh ini Unity 8 belum terlihat di Ubuntu. Walaupun ada cara untuk menggunakan Unity 8 di Ubuntu.

Unity 8 adalah versi baru dari Desktop Unity Ubuntu. Unity 8 sangat penting karena memberikan konvergensi ke sisi Desktop Ubuntu.

Partisi Swap Akan Diganti Dengan File Swap

Kita tahu bahwa ketika ingin menginstall Linux, kita menggunakan partisi swap yang banyak beranggapan swap memerlukan kapasitas dua kali RAM. Hal tersebut berguna untuk meringankan kinerja RAM pada saat RAM menipis, supaya kinerja sistem berjalan maksimal.

Swap berguna saat-saat ketika RAM tersisa beberapa MB lagi, ini sangat jarang terjadi. Namun kita sudah mengalokasikan 4-8 GB untuk partisi swap, ini sangat tidak berguna.

Canonical memperhatikan hal itu. Mulai Ubuntu 17.04  Partisi swap akan diganti dengan file swap yang menggunakan tidak lebih dari 5% dari sisa storage.

Download atau Upgrade Ubuntu 17.04

Saat ini ubuntu 17.04 masih dalam tahap pengembangan, sangat tidak direkomendasikan jika Anda ingin upgrade Ubuntu saat ini. Namun jika Anda masih penasaran, Anda bisa mendownload Ubuntu build harian di bawah ini: