News

Facebook Sedang Mengembangkan Sistem Untuk Mengatasi Masalah Berita Palsu


Bagi yang suka menggunakan Facebook, pasti sudah tau atau setidaknya merasa bahwa beberapa berita yang dibaca terasa jauh dari kebenaran yang sesungguhnya. Persepsi setiap orang berbeda-beda. Dengan demikian, Facebook memiliki masalah yang sangat besar, yaitu berita-berita palsu/menyesatkan yang tiap hari hadir di news feed penggunanya. Kita akan sangat sulit untuk menentukan apakah berita yang didapat adalah benar, palsu, opini, atau bahkan sindiran.

Facebook Mencoba Mengatasi Berita Palsu

Mark Zuckerberg : Facebook will take measures to tackle fake news being shared on the social network.

CEO Facebook mengatakan jejaring sosial sedang mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran informasi yang salah, tapi ia dan rekan-rekannya tidak ingin menjadi ‘penengah kebenaran’. Untuk mengtasi ini, Facebook akan melibatkan pengguna yang jumlahnya kurang lebih 1,8 Miliyar. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Facebook.

facebook-fix-fake-news

 

Menurut beberapa sumber, Facebook sedang menguji sistem yang akan meminta pengguna untuk menilai kelayakan berita. Di bawah link ke artikel eksternal, pengguna diminta :

“To what extent do you think that this link’s title uses misleading language?”

or

“To what extent do you think that this link’s title withholds key details of the story?”

Anda akan menilai, sejauh mana berita tersebut menggunakan bahasa yang benar atau malah menyesatkan. Dan kita akan memiliki hak untuk memberi nilai:

  • Not At All
  • Slightly
  • Somewhat
  • Very Much
  • Completely

Nah dari hasil penilaian banyak pengguna, akan terlihat bagaimana tingkat kelayakan sebuah berita yang di share di Facebook. Semoga sistem ini cepat terealisasi.

Sumber : http://www.independent.co.uk/life-style/gadgets-and-tech/news/facebook-fake-news-mark-zuckerberg-plan-to-fix-outline-post-verify-stories-fact-checking-a7428011.html