Editorial

Faktor Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet


Penyebab Tidak Konek Internet – Dua kemungkinan yang menyebabkan tidak bisa konek ke internet ada dua, bisa dari jaringan lokal dan juga bisa dari jasa penyedia internet (ISP) yang bermasalah. Jadi, sebelum kamu melakukan protes terhadap suatu ISP karena tidak bisa konek ke internet, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu settingan yang ada di komputer dan tidak lupa untuk memastikan bahwa jaringan lokal tidak bermasalah.

Faktor Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet

Nah, apa saja yang bisa menyebabkan komputer tidak bis konek internet? Sebaiknya kita cek dari hal yang paling sederhana, karena hal sepele ini bisa tidak kita sadari. Berikut hal-hal yang menyebabkan tidak bisa konek ke internet.

1. Paket Langganan

Pastikan bahwa paket langganan kamu masih berlaku. Biasanya untuk pengguna hal ini tidak disadari para pengguna modem USB. Salah satu tanda masa berlaku habis adalah masih bisa melakukan dial, tetapi saat browsing tidak mau terbuka.

 

2. Pada koneksi LAN

Pastikan komputer kita telah di konfigurasi ip address dengan benar. Terutama untuk settingan default gateway, jangan sampai salah. Default gateway ini berfungsi untuk akses ke luar jaringan LAN. Kita tahu bahwa data saat berinternet datangnya dari luar LAN, maka default gateway menjadi amat penting. Kesalahan pengisian default gateway ini biasanya terjadi untuk settingan manual, berbeda dengan yang menggunakan DHCP, biasanya sudah otomatis terisi.

 

3. IP kita diblokir atau tidak?

Pastika IP address yang digunakan pada komputer tidak termasuk dalam black list atau yang diblokir oleh sang admin, sehingga kita tidak bisa terhubung. Alasan diblokir biasanya karena komputer kita menjadi sumber virus.

 

4. Settingan browser

Yang menjadi sorotan pada browser ini adalah settingan proxy. Biasanya proxy sering diubah-ubah karena sumber internet yang digunakan berbeda-beda, maka cek terlebih dahulu. Abila menggunakan koneksi modem GSM, CDMA ataupun menggunakan Speedy settingan biarkan kosong. Tapi jika ingin menggunakan proxy secara manual, pastikan IP server proxy dan nomor port sudah benar.

 

5. Faktor Lainnya

Faktor lainnya bisa berasal dari driver modem yang bermasalah. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan unisntall dan menginstallnya kembali.

Setelah yakin bahwa semua yang di cek tidak ada masalah dengan komputer ataupun jaringan Lokal, maka kemungkinan besar masalah memang dari ISP-nya. Semoga bermanfaat. 🙂

sumber gambar: http://www.veryicon.com/icons/system/sticker-system/disconnected-12.html


'