Uncategorized

GLOSARIUM: Istilah Penting Serta Definisinya Seputar Dunia Komputer dan Teknologi


PINTAR KOMPUTERGlosarium adalah sekumpulan istilah yang meliputi bidang tertentu dan disertai dengan definisi untuk istilah-istilah yang digunakan. Pada posting ini, penulis sengaja mengumpulkan berbegai macam istilah yang sering digunakan dalam dunia komputer serta teknologi.

Tujuannya tidak lain adalah sebagai catatan agar penulis tidak lupa dan juga mempermudah Anda untuk mengetahui definisi dari istilah yang sering digunakan dalam dunia komputer dan teknologi. Berikut adalah list atau daftar istilah-istilah seputar komputer dan teknologi yang berhasil penulis rangkum.

GLOSARIUM: Istilah Penting Serta Definisinya Seputar Dunia Komputer dan Teknologi

A


Access Point: adalah peralatan yang digunakan sebagai titik tengah atau penghubung antara komputer-komputer dengan menggunakan koneksi nirkabel.


B


Brainware: Termasuk dalam baagian komponen pembangun sistem komputer. Brainware merupakan sebutan atau istilah bagi seseorang yang mengoperasikan komputer.

C

CIDR (Classless Inter-Domain Routing): adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Contohnya adalah /24 pada 192.168.1.1/24.


Cold Booting:  merupakan proses menghidupkan komputer pada saat perangkat komputer itu dalam keadaan mati atau belum menyala.

CPU (Central Processing Unit) atau prosesor: merupakan pemroses data dalam sebuah perangkat komputer.

D


DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol):  Merupakan metode yang dilakukan dalam pemberiam nomor IP address pada suatu host secara otomatis.


Download: merupakan suatu kegiatan mengambil data dari internet.


E


ENIAC: kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, merupakan komputer pertama yang diciptakan dengan bentuknya yang sangat besar. J. Presper Eckert dan John William Mauchly adalah dua orang yang merancang komputer ini.


F

Flashdisk: Merupakan salah satu media penyimpanan dalam dunia komputerisasi.




G


H


Hardware: Merupakan komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, dan merupkan satu kesatuan sehingga membentuk sebuah komputer yang siap dioperasikan.


I


Input devices: merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data – data dan memberikan perintah pada komputer.


J


Jumper: merupakan connector (penghubung) sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit.



Justify: perataan kanan dan kiri suatu paragraf dalam aplikasi pengolah kata.


K



Keyboard
: adalah papan ketik yang biasa kita gunakan untuk memasukan karakter, aangka, dan simbol ke komputer untuk diolah menjadi informasi.

L

LCD: Liquid Cryistal Display merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan pada monitor komputer.


M


Maintenance: merupakan suatu kegiatan merawat komputer baik dari segi hardware maupun software, agar komputer tersebut selalu dalam keadaan baik.

Motherboard: merupakan pengendali atau pengontrol semua hal yang terhubung untuk berkomunikasi dengan peranti yang lainnya dalam sistem.

N


NIC (Network Interface Card): merupakan peripheral yang digunakan oleh komputer ataupun perangkat jaringan agar bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan.


O


OEM:  adalah singkatan dari Original Equipment Manufacture, yang berarti suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan kemudian dibeli oleh perusahaan lain, kemudian dijual kepada public dengan brand perusahaan pembeli tadi.

Operating System: Merupakan perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dan perangkat keras komputer. Tanpa adanya Sitem Operasi, komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan.

OSI (Open System Interconnection): adalah sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.


Output device: merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna.

P

PING: adalah suatu utilitas yang biasa digunakan untuk mengecek koneksi antara dua perangkat atau komputer dalam jaringan komputer. Ping biasanya dijalankan melalui terminal Linux ataupun command prompt Windows.


Power supply: merupakan alat yang menyediakan tenaga listrik bagi semua komponen di dalam unit sistem.



Q


R


Random access memory (RAM): merupakan tempat didalam komputer dimana OS, program aplikasi dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dicapai dengan cepat oleh prosesor. Atau secara umum sering dikatakan sebagai media penyimpanan sementara.



S


Software: merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer.

Storage: Merupakan peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan file dan data komputer, seperti Hardisk, SSD, dan lain-lain.



STP: (Shielded Twisted Pair) Merupakan salah satu jenis kabel jaringan

T


U





UTP: (Unshielded Twisted Pair) adalah salah satu jenis kabel jaringan.

V


W


Warm Booting: merupakan proses menghidupkan komputer di saat perangkat komputer sudah menyala dan teraliri listrik.

X


Y


Z