Software

[GUI] Cara Install File DEB Lebih Cepat Menggunakan GDebi


Pada dasarnya untuk menginstal aplikasi di Linux khususnya pada distro turunan Debian, kita biasa menggunakan file .DEB dengan perintah “sudo dpkg -i namafile.deb” atau kalau di Ubuntu sudah ada bantuan menggunakan Ubuntu Software Center, kita tinggal cari nama aplikasi yang mau di install kemudian klik tombol install.

Ubuntu Software Center dikenal sebagai pusatnya aplikasi di Ubuntu. Segala urusan yang terkait dengan aplikasi baik itu install, update atau mencari suatu aplikasi, Ubuntu Software Center menhandle hal tersebut. Dengan begitu Ubuntu Software Center terlihat sangat power full. Namun jika kita hanya ingin menginstall file .DEB mungkin menggunakan itu adalah suatu pemborosan, karna akan memakan banyak resource di komputer Anda ketika menjalankannya.

Dengan keadaan yang seperti itu, saat ini saya lebih merekomendasikan untuk menginstall file .DEB menggnakan GDebi, tools yang dikhususkan untuk mengeksekusi file .DEB untuk menginstallnya.

Salah satu hal yang cukup menarik di GDebi yang Ubuntu Software Center tidak miliki ialah GDebi dapat menunjukan dependensi yang akan diinstall bersamaan dengan aplikasi yang akan diinstall.

Bersamaan dengan post ini, saya akan menunjukan bagaimana cara install GDebi dan menggunakannya sebagai installer default di Ubuntu menggantikan Ubuntu Software Center.

Note: GDebi bisa dijalankan disemua distro turunan Debian.

Install GDebi di Ubuntu

Buka terminal dan jalankan perintah

$ sudo apt install gdebi

Menjadikan GDebi Sebagai Default Installer

Setelah GDebi terinstal sekarang saatnya menjadikan GDebi sebagai tools default untuk menginstal file .deb.

  • Anda harus memiliki file .deb, download saja Google Chrome, itu sudah ada versi .deb-nya.
  • Nah selanjutnya, klik kanan pada file .deb, lalu klik properties.
  • Di properties Anda akan melihat pilihan Open With, ganti itu dengan GDebi.

Selanjutnya jika Anda ingin menginstal file .deb Anda hanya perlu double klik pada file .deb yang ingin diinstall.