Uncategorized

Hati-Hati, Pengaruh Buruk Sosial Media Menghantui Anda


Pengaruh Buruk Sosial Media – Saat ini, teknologi merupakan bidang yang mengalami perkembangan sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang selalu menggunakan teknologi. Mulai dari untuk mengakses informasi, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Media sosial adalah salah satu bukti perkembangan teknologi yang membantu kita dalam berkomunikasi dengan kerabat maupun saudara. Namun, tahukah Anda bahwa dibalik layanannya yang memanjakan, ternyata media sosial memiliki pengaruh buruk bagi kita?

Hati-Hati, Pengaruh Buruk Sosial Media Menghantui AndaSangat banyak sekali dampak negatif jika sudah terlalu maniak pada situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Banyak penelitian yang telah dilakukan mengenai permasalahan ini, entah itu dari segi kesehatan, psikologi, spiritual dan lain-lain. Berikut ini ada 5 dampak negatif dari Media sosial yang sering terlihat di sekitar kita.

1. Tidak peduli dengan sekitar
Jika sudah keasyikan online, kebanyakan orang menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, entah itu, pada saudara, orang tua, teman, bahkan yang paling parah pada dirinya sendiri pun lupa. Tidak peduli orang tua sedang repot, lantai kotor dan harus disapu, bahkan kebanyakan orang yang asyik dengan dunia maya sampai lupa untuk makan, sehingga mereka menjadi mudah sakit.

2. Kurang sosialisasi dengan lingkungan
Jika diperhatikan banyak remaja sekarang yang tidak akrab dengan tetangga sekitar. Mereka cenderung asyik mengurung diri di kamar memainkan jari jemarinya di keyboard komputer atau keypad handphone mereka. Sehingga kebiasaan ini menyebabkan mereka menjadi tidak dikenal di masyarakat, tidak mengetahui ada info apa di lingkungan sekitar dan sebagainya.

3. Menghamburkan uang
Akses internet menggunakan pulsa. Rata-rata bagi mereka yang kecanduan media sosial selalu menjaga pulsanya demi bisa bermedia sosial ria. Banyak juga remaja sekarang yang lebih memilih pulsanya didaftarkan untuk paket internet daripada untuk menelpon atau sms keluarga. Apalagi yang online via warnet, andai tarifnya 1500/jam dikalikan 4 jam saja sudah 6000 rupiah yang harus dihabiskan.

4. Mengganggu kesehatan
Mereka yang sedang asyik di media sosial cenderung suka tidur larut malam dan melupakan perutnya sudah terisi makanan atau belum. Bukan hanya tentang tidr dan makan, secara tidak langsung mereka yang selalu beraktifitas didepan laptop pasti lupa dengan olahraga. Bahkan sangat jarang mereka mengerakkan tubuh saat berinteraksi dengan laptop. Sudah tentu hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.

5. Malas Belajar
Mirip dengan poin ke empat, jika terlalu asyik berMedia sosial ria menyebabkan malas untuk membuka kembali buku pelajaran sekolah atau kuliah. Hal ini salah satu sebab mengapa anak muda sekarang menjadi terlihat seperti kurang bersemangat.

Apakah kalian merasakan pengaruh negatif dari sosial media? Mungkin masih banyak dampak negatif yang kalian rasakan selain dari lima diatas.