Uncategorized

Namanya Hedy Lamarr, Wanita Cantik Yang Menemukan Teknologi Wi-Fi


Mengingat hari ini (21 April) adalah hari Kartini, saya berniat untuk menulis biografi singkat seorang Wanita yang memiliki peran besar dalam perubahan dunia teknologi. Setelah saya mencari-cari di google akhirnya saya menemukan seorang nama wanita yang teknologi temuannya masih digunakan sampai sekarang. Wanita itu namanya adalah Hedy Lamarr.

Hedy Lamarr adalah aktris sekaligus matematikawan Amerika yang sempat dikenal sebagai ‘wanita tercantik di dunia’. Hedy Lamar lahir di Austria, 19 November 1914. Wanita ini memiliki nama asli Hedwig Maria Keisler. Dia awalnya merupakan salah satu seorang pemain film Extase, yang menyedot perhatian produser Hollywood.

hedy lamarr

Setelah menjadi aktris Hollywood terkenal, dia mengganti namanya menjadi Hedy Lamarr. Seiring berjalan, karirnya sebagaiaktri hollywood semakin bersinar dan membuat Hedy Lamarr membintangi beberapa film seperti White Cargo (1942) dan The Female Animal (1957).

Bakatnya sudah tidak diragukan lagi dalam memerankan karakter di film, namun siapa sangka ternyata dia juga pandai dalam hal teknologi. Hedy lamar pernah mematenkan sebuah ide yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia pada tahun 1942, yang digunakan pada perang Dunia ke-II.

Penemuannya juga adalah cikal bakal teknologi teknologi ponsel, Wi-Fi, Bluetooth, GPS yang saat ini sangat populer. Siapa sangka teknologi yang ia ciptakan membuat perkembangan dunia teknologi sangat pesat, dan masih digunakan sampai saat ini.

Sumber: Wikipedia, Merdeka.com