Uncategorized

Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Penggunaan Internet di Indonesia


Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Penggunaan Internet di Indonesia – Di era yang semuanya dapat dikerjakan secara digital ini, internet merupakan kebutuhan utama yang sangat sulit ditinggalkan. Pasalnya semua kegiatan yang kita lakukan ini akan dapat lebih efisien dengan adanya internet.

Bicara tentang internet, saya memiliki beberapa fakta menarik nih mengenai penggunaan internet itu sendiri di Indonesia. Berikut lima fakta menarik penggunaan internet di Indonesia.

Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Penggunaan Internet di Indonesia

1. Jumlah pengguna yang mencapai 34% populasi

Berdasarkan statistik dari APJII, jumlah pengguna internet di Indonesia terhitung akhir 2014 lalu mencapai 88,1 juta jiwa dari keseluruhan 252,4 juta jiwa. Kalau dipersentasekan jumlah tersebut mencapai 34,9% atau 1/3 dari populasi yang ada. Paling banyak pengguna internet berasal dari pulau Jawa, yaitu sebanyak 52 juta jiwa.

Tentunya angka tersebut akan senantiasa meningkat mengingat gencarnya penggunaan internet di masa kini.

2. Lebih banyak mereka yang sudah bekerja

Dari sekian banyak jumlah penggunanya, ternyata lebih didominasi oleh mereka yang sudah bekerja/wiraswasta. Persentasenya mencapai 55%, dan diikuti oleh mahasiswa 18% serta ibu rumah tangga mencapai 16%.

Mungkin kamu taunya pengguna internet itu ya para remaja saja. Mungkin hal tersebut kamu rasakan karena kamu hanya melihat di jejaring sosial saja. Namun, ternyata penggunaan internet tidak sebatas untuk jejaring sosial saja, lebih ke sektor kerja pun banya.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Di sektor perdagangan lebih besar penggunaannya 

Saya rasa fakta yang satu ini benar-benar nyata ya. Bila kita lihat, penggunanya saja didominasi oleh pekerja/wiraswasta. Lingkup kerja mereka mencakup bidang perdagangan dengan persentase 31,5% dan jasa 26,1%.

Hal ini sudah terlihat jelas ya dengan maraknya kegiatan jual beli online. Objeknya pun bukan hanya barang saja, namun juga jasa sering ditawarkan oleh mereka.

4. Ponsel adalah device yang paling sering digunakan

Yaa, dengan kemudahan dan mobilitas yang tinggi, tidak heran jika ponsel menjadi perangkat yang paling digandrungi bagi pengguna internet. Di Indonesia sendiri persantase penggunaannya mencapai 85%. Jauh lebih besar dari pengguna yang melalui komputer/laptop.

5. Rata-rata mengakses internet 1-3 jam

Pertanyaan terakhir yang mungkin ada dibenak Anda mungkin “berapa lama sih mereka itu mengakses internet?”. Jika penggunaan internet melalu ponsel diakumulasikan dengan penggunaannya di perangkat lain, maka persentase mereka yang menggunakan internet selama 1-3 jam sekitar 37,7%. 23,3% mengakses selama 30-60 menit perharinya, dan sekita 6,1% pengguna mengaksesnya selama 9 jam.

Mungkin mereka yang mengakses selama 9 jam ini adalah para pemain game online atau juga penggila download yang memiliki kuota data tanpa batas.

Baca juga:


'