Uncategorized

Inilah Waktu yang Pas Untuk Melakukan Restore, Reset, Refresh, dan Install Ulang Windows


Inilah Waktu yang Pas Untuk Melakukan Restore, Reset, Refresh, dan Install Ulang Windows – Saya yakin, install ulang adalah yang paling sering kamu lakukan saat komputermu mengalami masalah. Terlebih kalau opsi lain, seperti system restore tidak mampu mengatasi, pasti jalan terakhir yang kamu ambil adalah menginstall ulang komputer atau laptopmu.

Untuk pengguna windows 7, kalian hanya memiliki dua opsi saja untuk melakukan perbaikan sistem, yaitu system restore dan install ulang. Namun, mulai dari windows 8 ke atas, kita sudah disuguhkan dengan berbeagai opsi yang bisa digunakan untuk melakukan perbaikan sistem. Bahkan kita bisa dibuat bingung untuk memilih opsi yang mana.

Inilah Waktu yang Pas Untuk Melakukan Restore, Reset, Refresh, dan Install Ulang Windows

Mulai dari windows 8 kita mendapatkan dua tambahan opsi untuk perbaikan, yaitu Windows Reset dan Windows Refresh. Mungkin beberapa user kebingungan memilih opsi mana yang pas. Bermaksu untuk memberi pencerahan, kali ini saya coba berikan beberapa keadaan, kondisi, atau waktu yang pas untuk menggunakan metode perbaikan sistem yang ada.

System Restore

Kapan kita menggunakannya? Ketika kita sedang asik mengoperasikan komputer kemudian tiba-tiba komputer mengalami crash bahkan BSOD. Komputer seperti biasa booting dan crash tiba-tiba. Atau kasus yang mungkin terjadi, ketika baru saja menginstall software baru kemudian sistem mengalami crash, padahal sebelumnya sistem baik-baik saja. Kondisi inilah kita bisa mengandalkan system restore untuk mengembalikan sistem ke kondisi sebelum crash.

Namun, untuk melakukan system restore, kamu diharuskan memiliki restore point. Restore point ini adalah semacam backup yang menandakan satu titik waktu dimana komputer kamu masih dalam kondisi fresh. Ada beberapa sistem yang dapat membuat restore point ini secara terjadwal. Tapi kamu juga bisa membuatnya secara manual.

Jika kamu ingin membuat secara manual system restore, silahkan ikuti paduan berikut:
Cara Membuat System Restore Point di Windows

Dan jika kamu ingin menggunakan system restore untuk memperbaiki sistem pada windows, ikuti panduan berikut ini:
Cara Menggunakan System Restore di Windows

Untuk membuat restore point, pastikan keadaan komputer kamu dalam kondisi terbaik, agar ketika me-restore system komputer bisa kembali ke keadaan terbaik juga.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Windows Refresh

Windows refresh bisa kamu manfaatkan ketika sistem windows sudah dimasuki oleh malware dan antivirus tidak mampu untuk membasminya. System restore memang bisa mengatasinya, namun untuk beberapa malware tertentu yang melekat kuat di dalam sistem, sepertinya harus menggunakan metode windows refresh.

Inilah Waktu yang Pas Untuk Melakukan Restore, Reset, Refresh, dan Install Ulang Windows

Cara kerjanya hampir menyerupai install ulang, hanya saja metode ini tidak akan menghapus data pribadi kamu. Dengan cara ini kamu bisa menghapus malware yang menetap di sistem kamu karena file system lama akan diganti yang baru, dengan tanpa menghapus file pribadi kamu. Program yang terinstall di komputer kamu akan hilang. Tapi jangan khawatir, karena windows refresh akan menyimpan daftar software yang diuninstall di desktop. Jadi kamu dapat menginstall lagi software satu-per-satu, tanpa kelupaan satu software pun.

Windows Reset

Nah, opsi ini akan sangat berguna jika kamu sudah tidak ingin menggunakan komputer kamu dan ingin menjualnya ke orang lain atau dikasihkan ke saudara. Windows reset akan menghapus semua file sistem dan file pribadi yang tersimpan di hardisk. Oleh karenanya, sebelum melakukan ini, sangat disarankan mem-backup file penting kamu ke flashdisk atau hardisk eksternal lebih baik.

Inilah Waktu yang Pas Untuk Melakukan Restore, Reset, Refresh, dan Install Ulang Windows

Windows reset dan windows refresh sejatinya adalah dua hal yang hampir sama, namun mereka tetap memiliki perbedaan. Jika komputer kamu tidak mau booting, windows refresh dan windows reset siap membantu.

Install Ulang Windows

Sebenarnya ketiga fitur di atas tadi sudahlah cukup untuk memperbaiki berbagai masalah yang dihadapi komputer kamu. Namun ada kalanya ketiga fitur tadi tidak bekerja seperti yang kita harapkan. Nah, solusi ketika ketiga fitur ini tidak dapat menyelesaikan masalah, kamu sebaiknya enginstall ulang windows kamu. Ini adalah langkah terakhir yang biasanya user lakukan.

sumber

Baca:
Cara Instal Windows 7 Lengkap
Cara Menginstall Windows 7 Dengan Flashdisk
Cara Install Windows 8.1 Lengkap Dengan Gambar