Learn

Istilah Umum Dalam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya


Istilah Umum Dalam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya – Jaringan komputeradalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer agar dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan mengakses informasi. Terdapat banyak sekali istilah dalam dunia jaringan komputer. Berikut adalah beberapa istilah dalam jaringan komputer yang sering digunakan.

Istilah Umum Dalam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

ISP

ISP yang merupakan singkatan dari Internet Service Provider adalah perusahaan penyedia layanan internet. Dari ISP inilah kita dapat mengakses internet.

LAN

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang cakupan wilayahnya sangat kecil. Biasanya LAN diterapkan pada jaringan Perusahaan, Sekolah, atau instansi lainnya.

MAN

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang cukup luas, jaringan ini sudah mencakup area perkotaan dimana pada jaringan ini menghubungkan antara perusahaan – perusahaan dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

WAN

WAN (Wide Area Network) meruapakan jaringan yang cakupan wilayahnya lebih luas lagi, sebagai contoh jaringan antar kota, bahkan negara.

IP Address

Internet Protocol Address adalah suatu alamat numerikyang terdapat pada komputer dalam suatu jaringan. Apabila komputer ingin terkoneksi dengan jaringan, maka setiap komputer harus memiliki ip address, dan ip address tersebut tidak boleh sama.

Baca : Cara Cepat Belajar Menhitung Subnetting IP Address

Router

Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengirim paket data dari suatu jaringan atau internet agar sampai ke tempat tujuannya, proses ini dinamakan routing. Router juga berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan/network atau lebih agar dapat meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Baca : Pengertian dan Peran Router Dalam Jaringan Komputer

Gateway

Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk suatu menghubungkan suatu jaringan agar dapat terhubung dengan satu atu lebih jaringan lainnya. Bisa dikatakan gateway ini merupakan pembuka jalan agar komputer dapat terhubung dengan komputer lain yang berada pada jaringan yang berbeda.

NAT

Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat ip ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain – lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet, ip ini disebut IP Publik.

Router Anda membuat sebuah LAN dan memberikan sebuah alamat IP lokal ke perangkat Anda. Router kemudian berfungsi sebagai Gateway. Sehingga seolah – olah Anda memiliki satu perangkat (router) yang memiliki ip address.

DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi ip secara manual.

HOSTNAME

Hostname adalah sebuah label yang menunjuk ke sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan. Mislanya pada jaringan rumah Anda, hostname komputer windows anda mungkin WindowsPC. Perangkat yang lain dapat terhubung ke Windows PC dan akan menunjuk pada alamat IP lokal komputer itu.

Domain

Domain adalah bagian paling dasar dari nama sebuah situs. Contohnya pintarkomputer.com atau google.com.

DNS

Domain Name System adalah bagaimana komputer dapat menerjemahkan nama domain atau host ke alamat ip. Misalnya, pada address bar browser anda tulis pintarkomputer.com, komputer anda langsung menghubungi DNS Server, dan DNS Server akan menjawab dengan alamat ip yang berupa numerik, sehingga komputer Anda dapat terhubung.

Baca : Pengertian dan Penjelasan Tentang DNS Server Lengkap

Lihat : [VIDEO] Bagaimana Cara Kerja DNS Dalam Mencari IP Address 

Ethernet

Ethernet merupakan standart teknologi yang digunakan hampir pada seluruh jaringan kabel. Jika komputer Anda terhubung ke jaringan kabel, kemungkinan itu menggunakan kabel Ethernet. Kabel yang dihubungkan ke port ethernet pada komputer Anda.

Network Interface / Network Adapter

Network Interface adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer pada suatu jaringan. Contohnya adalah Ethernet Card dan Wifi.

Baca : Macam – macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya.

Localhost

Hostname “localhost” adalah nama host yang digunakan untuk komputer itu sendiri. Localhost itu sendiri menunjuk pada alamat ip 127.0.0.1.

MAC Address

Media Access Control Address atau MAC Address adalah alamat unik yang dirancang untuk mengindentifikasikan setiap interface dalam jaringan komputer. Seringa juga disebut Physical Address.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang menikmati WiFi di sekolah, jaringan WiFI sekolah tersebut kemungkinan mencatat MAC Address dan menggunakannya untuk melacak Perangkat Anda agar dapat mencegah Anda dapat mengakses WiFi tersebut dilain waktu. Atau bisa juga Jaringan WiFi tersebut memberikan sebuah IP Statis berdasarkan MAC Address Anda, jadi setiap anda terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut Anda selalu mendapatkan IP yang sama meskipun menggunakan DHCP.

Baca : Peran SSID, MAC Address Filtering, WEP, WPA Untuk Maksimalkan Keamanan Wifi

PORT

Ketika sebuah aplikasi ingin mengirim atau menerima lalu lintas, itu harus menggunakan port bernomor 1 sampai dengan 65535. Standar HTTP menggunakan port 80, jadi ketika anda menghubungkan http://pintarkomputer, berarti anda membuat koneksi HTTP ke port 80 pada pintarkomputer.com.

Protocol – TCP, UDP, ICMP, dll

Protokol adalah standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih.

PACKET

Packet adalah sebuah satuan yang dikirim antar perangkat pada jaringan. Misalnya ketika anda memuat sebuah halaman web, maka komputeranda mengirim packet ke server meminta halaman web dan server merespon permintaan tersebut sehingga server mengirim data web tersebut ke komputer Anda yang pada akhirnya akan tampil halaman web pada komputer Anda.

Baca : Proses Yang Terjadi Pada Saat Pengiriman Data Berdasarkan 7 OSI Layer.

Firewall

Firewall adalah sebuah software yang berfungsi untuk memblok jenis lalu lintas tertentu. Misalnya firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu dan membiarkan yang lainnya lewat, atau bisa juga membiarkan lalu lintas dari port tertentu dan memblokir yang lainnya.

HTTP

Hypertext Transfer Protocol adalah protokol standar web browser. Terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.

URL

Uniform Resource Locator atau URL dikenal juga dengan alamat web.Url dari suatu website ditampilkan di address bar browser Anda, misalnya http://www.pintarkomputer.com/2015/05/istilah-umum-dalam-jaringan-komputer-beserta-penjelasannya.htmlhttp://www.pintarkomputer.com/2015/05/istilah-umum-dalam-jaringan-komputer-beserta-penjelasannya.html.


  • thanks informasinya gan.. mampir di blog ane juga gan.. ohiya ada salam dari bu rita

'