Uncategorized

James Gosling, Tokoh Pembuat Bahasa Pemrograman Java


Kalau kamu adalah pengembang aplikasi, pastinya tau dong bahasa pemrograman yang satu ini, Java. Sudah banyak aplikasi yang berhasil dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbasis objek ini. Namun kamu tau tidak siapa sih tokoh hebat dibalik pemrograman Java ini? Siapa yang punya ide untuk membuat bahasa pemrograman ini?

James Gosling, Tokoh Pembuat Bahasa Pemrograman Java

Adalah James Arthur Gosling, pria kelahiran 12 Mei 1955 yang berhasil membuat sebuah bahasa pemrograman Java. Beliau juga merupakan seorang ilmuwan di bidang komputer. Sejak di bangku SMU, ia lebih sering menhabiskan wktu belajarnya di laboratorium komputer ketimbang masuk ke kelasnya. Setelah lulus SMU dia melanjutkan kuliah di bidang yang sesuai dengan minatnya, Ilmu Komputer. Dan berhasil menerima gelar B.Sc dalam bidang Ilmu Komputer dari Universitas Calgary pada tahun 1977.

Sambil menyelesaikan program doctornya, pria kebangsaan Kanada ini menulis sebuah versi Emacs (GOSMACS), yang kelak nantinya bakal banyak digunakan pada sistem operasi berbasis Unix. Pada tahun 1983, Gelar Ph.D beliau raih setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul “The Algebaric Manipulation of Constraints”. Ia juga sempat membangun  sebuah multi prosessor versi Unix serta beberapa compiler dan sistem mail sebelum bergabung dengan Sun Microsystems.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Beliau bergabung dengan Sun Microsystems dari tahun 1984 hingga 2010. Selama di perusahaan tersebut, beliau dikenal sebagai Bapak dari pemrograman Java, karena beliau berhasil membuat bahasa pemrograman tersebut pada tahun 1994. 

James Gosling membuat desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa dan mesin virtual. Beliau mulai mengembangkannya, ketika
menciptakan sebuah pseudo-code (p-code) mesin virtual untuk lab komputer DEC
VAX, sehingga profesor bisa menjalankan program yang ditulis dalam UCSD
Pascal. Kemudian pascal dikompilasi ke p-code sehingga membuatnya lebih mudah dan
dapat dibawa kemana saja. Inspirasi mengenai Java ini datang saat James
berada di Sun, ia melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk
program didistribusikan secara luas dapat dicapai dengan menerapkan
filosofi yang sama: “always program for the same virtual machine”.

April 2010, James memutuskan untuk meninggalkan Sun Microsystems yang pada saat itu baru saja diakui sisi oleh oracle. Banyak alasan yang membuat beliau mengambil langkah tersebut, dan beberapa diantaranya adalah penurunan gaji, status dan kemampuan pengambilan keputusan, serta perubahan peran.

28 Maret 2011, James dikontrak oleh Google sebagaimana yang beliau umumkan di blog pribadinya. Tidak sampai setengah tahun, beliau mengabarkan bahwa telah bergabung dengan Liquid Robotics, beliau juga terdaftar sebagai
penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., direktur Independen di
Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.