Uncategorized

Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya (Port)


Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya (Port) – Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Sebenarnya perkembangan keyboard tidaklah pesat.

Walau demikian bukan berarti tidak ada yang berubah dari keyboard jaman dulu hingga sekarang. Seperti halnya konektor pada keyboard itu sendiri, mulai dari Serial, PS/2, USB, bahkan ada yang tidak menggunakan kabel melainkan wireless. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pahami sedikit penjelasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya

1. Keyboard Serial



Keboard jenis ini biasanya digunakan untuk komputer tipe AT. Karena jenis konektor yang ada pada keyboard ini adalah konektor serial, maka untuk menghubungkannya dengan komputer harus dimasukan ke port serial.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

2. Keyboard PS/2


Keyboard PS/2 adalah keyboard yang terhubung ke komputer menggunakan port PS/2. Biasanya digunakan pada komputer ATX dan masih umum dipergunakan di komputer lama. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

3. Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat, selain itu cara pemasangannya pun lebih mudah.

4. Keyboard Wireless


Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai media penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Baca Artikel Lainnya:


'