Uncategorized

Jenis-Jenis Koneksi Wireless yang Ada Pada Perangkat Smartphone dan Tablet


Jenis-Jenis Koneksi Wireless yang Ada Pada Perangkat Smartphone dan Tablet – Pada perangkat seperti smartphone dan tcblet jenis koneksi yang paling diprioritaskan ialah wireless. Meski masih ada beberapa koneksi yang memerlukan kabel, tetapi mereka tetap terfokus pada koneksi wireless. Hal ini bukan tanpa alasan, koneksi menggunakan kabel sangat terbatas membuat koneksi wireless terus diprioritaskan karena kepraktisannya saat digunakan.

Memahami jenis koneksi wireless pada perangkat gadget yang kita miliki pastinya akan semakin meningkatkan kemampuan kita dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan oleh perangkat tersebut. Dengan begini kita dapat dengan mudah dalam memaksimalkan kemampuan perangkat smartphone atau tablet yang kita miliki.

sumber gambar:TechnoGym

Dibawah ini adalah beberapa jenis koneksi wireless yang pada umumnya tersedia pada perangkat seperti smartphone dan tablet.

1. Koneksi Jaringan GSM 

Koneksi 2G dan 2.5G (GPRS dan EDGE)
Ini merupakan koneksi jaringan generasi kedua yang saat ini sudah jarang digunakan. Kalaupun masih digunakan, jenis koneksi jaringan ini hanyalah digunakan sebagai cadangan apabila jaringan utama terputus atau tidak terkover oleh jaringan 3G.Kelemahan koneksi 2G ini adalah kecilnya kapasitas badtwith yang tersedia (meskipun sudah berlangganan paket internet jenis premium sekalipun).

Koneksi 3G dan 3.5G (HSDPA dan UMTS)
Koneksi jaringan 3G saat ini merupakan yang paling populer dan paling banyak digunakan. Dengan harganya yang murah serta bandwith yang besar, maka tidak heran jika koneksi 3G menjadi pilihan utama dalam melakukan koneksi internet.

Koneksi 4G
Koneksi jaringan 4G merupakan teknologi yang tergolong baru dalam hal koneksi data. Koneksi 4G memiliki kelebihan pada bandwidth yang besar, namun saat ini area cakupannya masih terbatas dan biayanya masih cukup mahal dibanding jaringan 3G.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

2. Koneksi Wireless Fidelity atau Wifi

Koneksi Wifi menggunakan sinyal radio frekuensi, dan frekuensi yang dipakai adalah 2.4GHz dan 5GHz. Koneksi data menggunakan Wifi memiliki kecepatan yang cukup tinggi, namun hal itu belum dibarengi dengan daya jangkaunya yang masih terbatas. Perangkat smartphone yang menggunakan koneksi Wifi tidak hanya sekedar terkoneksi ke internet saja, tapi juga bisa terkoneksi secara privat pada jaringan local dengan perangkat den jenis gadget yang memiliki koneksi wifi juga (seperti laptop, PC, printer, dan lain sebagainya).

3. Koneksi Bluetooth
Koneksi ini sudah digunakan pada handphone terdahulu sebelum populernya smartphone. Koneksi ini masih terbatas pemakaiannya karena daya jangkau yang tidak jauh, yaitu sekita 3 meter saja. Meski demikian, koneksi Bluetooth masih cukup handal untuk dipakai mengirim file dengan sesama perangkat yang memiliki koneksi bluetooth.

Demikian tadi adalah jenis-jenis koneksi wireless yang bisa Anda pakai pada perangakat smartphone dan tablet yang Anda miliki. Jika ada perangkat lain yang ingin terkoneksi dengan perangkat gadget Anda, pastikan pada perangkat tersebut sudah tersedia jenis koneksi yang sama dengan salah satu jenis koneksi yang ada pada perangkat gadget Anda.

Baca juga:


'