Uncategorized

Jenis-Jenis Laptop yang Harus Diketahui Sebelum Membelinya


Jenis-Jenis Laptop yang Harus Diketahui Sebelum Membelinya – Jaman sekarang ini, kepopuleran notebook atau laptop sudah kebutuhan dunia fashion. Terdiri atas berbagai macam jenis, bentuk, dan tentunya kegunaannya. Sudah seperti layaknya pakaian bukan? Ada yang digunakan untuk kantor, sekolah, atau di rumahan.

Jika sudah banyak jenis begitu, kita harus pintar dalam memilih laptop. Pastikan laptop yang akan kita beli tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, jika kita ingin menggunakan laptop untuk keperluan bermain game, maka belilah laptop dengan jenis spesifikasi yang mumpuni. Beberapa jenis laptop dibawah ini bisa menjadi acuan bagi kita dalam memilih laptop/notebook yang sesuai untuk kebutuhan kita.

Jenis-Jenis Laptop yang Harus Diketahui Sebelum Membelinya

1. Ultrabook
Laptop jenis ini merupakan laptop super canggih dengan desain yang lebih tipis dan juga lebih ringan dari laptop biasanya serta performanya yang sangat luar biasa. Ultrabook ini sangat cocok untuk kamu yang sering bepergian dengan tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Karena didukung oleh spesifikasi yang tipis, ringan, serta ketahanan baterai yang yang mampu mencapai 4 – 5 jam.
Untuk kecepatan proses data, ultrabook ini berada diatas rata-rata kecepatan laptop biasa. Tingginya kecepatan yang dimiliki ultrabook ini dikarenakan ultrabook menggunakan teknologi SSD yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis data sangat cepat ditambah ketahanannya terhadap guncangan dan faktor lainnya.
Setiap kelebihan pasti dibarengi dengan kekurangan. Ultrabook ini memiliki kelemahan diantaranya dari segi harga, dan juga kapasitas penyimpanan yang relative kecil, karena masih jarang penggunaan SSD, tidak seperti harddisk yang sudah memiliki beragam kapasitas yang besar.
2. Notebook Touchscreen
Notebook touchscreen adalah jenis laptop yang cara mengeksekusi program atau aplikasinya bisa langsung menggunakan sentuhan pada layar monitornya. Tidak seperti jenis laptop lainnya yang biasanya menggunkan keyboard, mouse ataupun touchpad dalam mengeksekusi program. 
Cara pengoperasiannya hampir sama dengan smartphone jaman sekarang, yang menggantikan fungsi mouse dan keyboard dengan touchscreen. Yang berbeda adalah notebook touchscreen masih menyediakan bentuk fisik dari keyboard dan mouse.
Beberapa kelebihan yang dimiliki notebook touchscreen antara lain:
  • Proses pengoperasian menjadi lebih mudah dan cepat, karena langsung dilakukan dengan menyentuh layar. 
  • Notebook jenis Touchscreen biasanya dilengkapi dengan processor yang kencang dan serta teknologi terbaru lainnya meskipun beberapa Vendor menyediakannya dengan spek yang standar.  
  • Laptop yang menggunakan sistem operasi windows 8/8.1 sangat mudah dioperasikan jika menggukan touchscreen dibanding jika menggunakan mouse dan keyboard fisik. 
  • Selain mudah, fitur-fitur windows 8 atau 8.1 akan telihat lebih menarik karena kebanyakan sudah menggunakan teknologi touchscreen.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kekurangan dari notebook Touchscreen adalah tidak semua operating system yang cocok atau tepat dipakai dengan sistem sentuh layar atau touchscreen. Sistem operasi windows 8 merupakan salah satu OS yang dirancang untuk dipakai oleh laptop dengan Touchscreen.  Selain itu kelemahan laptop touchscreen lebih mahal dibanding laptop biasa. 
3. High Performance
Laptop dengan kategori hig performance ini memiliki spesifikasi hardware pendukung yang sangat bagus dibanding laptop lainnya. Meski spesifikasinya bagus, laptop jenis ini tidak dilengkapi dengan fitur seperti yang dimiliki oleh ultrabook dan notebook touchscreen. Laptop jenis ini juga biasanya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan komputer dengan kemampuan lebih, seperti misalnya multimedia, video editing, desain 3D, dan digunakan untuk memainkan game berat.
Berikut adalah contoh perangkat pendukung dari  laptop jenis High Performance  yang memiliki spek dan kapasitas luar biasa. 
  • Processor biasanya  menggunakan i7 atau yang terbaru. 
  • Memory menggunakan memory generasi terbaru serta kapasitas yang besar
  • Hardisk menggunakan teknologi terbaru dengan kapasitas 1 TB atau lebih
  • Optical dirve menggunakan blu-ray bukan DVD
  • Video graphic menggunakan teknologi terbaru dari merk ternama dengan kapasitas yang besar. 
Jika pemakaian sehari-hari biasa-biasa saja, maka tidak dianjurkan untuk memilih laptop jenis ini untuk diblei. Harga dari laptop jenis ini juga sangat mahal dan akan sangat rugi jika Anda tidak secara maksimal menggunakannya, karena sudah mengeluarkan biaya untuk pengadaan laptop tersebut.
4. Standard Performance
Notebook atau laptop jenis standar biasanya hanya dipakai untuk kebutuhan komputasi yang standar, seperti aplikasi Office, aplikasi email, support koneksi ke jaringan, browsing, music dan video. Hal ini dikarenakan hardware pendukungnya yang standar dan tidak memungkinkan untuk menjalankan pekerjaan seperti yang dilakukan laptop high performance.
Notebook jenis ini cocok untuk user dalam melakukan  kegiatan kantor dengan program yang standar seperti email , music & Video player dan juga office. Cocok juga bagi mahasiswa yang menggunakannya untuk kebutuhan browsing dan aplikasi standar lainnya dan gaming standard.  Bagi mahasiswa yang membutuhkan kemampuan grafis yang tinggi, laptop jenis ini tidak cocok. 
Saran dari penulis untuk anda yang ingin segera memiliki laptop, pastikan terlebih dahulu kebutuhan serta pekerjaan apa yang akan anda lakukan untuk laptop yang akan dibeli nanti. Perlu kita ingat bahwa laptop itu tidak sama seperti PC Desktop yang bisa dengan mudah menganti atau upgrade komponen-komponennya. Komponen pendukung laptop sangat mahal dan juga tidak memungkinkan mengganti komponen tertentu. Jadi jangan sampai salah dalam memilih laptop.
Baca artikel lainnya: