News

Kabar Duka, Penemu Distro Linux ‘Debian’ Ian Murdock Meninggal


Kabar Duka, Penemu Distro Linux ‘Debian’ Ian Murdock Meninggal – Kabar duka datang dari salah seorang paling berpengaruh di dunia IT, khususnya Open Source. Ian Murdock, penemu linux Debian dan pencipta apt-get, meninggal pada usia 42 tahun. Ian dikabarkan meninggal pada tanggal 28 Desember 2015.

Kabar tersebut disampaikan melalui sebuah posting blog di Docker, dimana Ian Murdock bekerja disana sebagai salah satu technical staff. Pada posting blog tersebut tidak diketahui penyebab kematiannya. Tetapi di hari yang sama, Ian sempat menulis tweet terakhirnya sebelum akunnya tersebut dihapus.

 

Banyak yang berspekulasi bahwa akun tersebut telah di-hack, sehingga banyak yang yakin bahwa bukan Ian yang menulis tweet tersebut.

Ian Murdock membangun sistem operasi Linux Debian ketika ia masih kuliah di Purdue University. Debian diambil dari nama pacarnya, Debra (Deb) dan dirinya sendiri (Ian). Hingga saat ini, Debian menjadi salah satu proyek open source yang sukses di dunia. Dia juga pernah bekerja di Sun Microsystem sebagai CTO of Linux Foundation.

Ini tentunya menjadi berita duka yang amat dalam, khususnya bagi komunitas open source dunia. Karyanya untuk perkembangan teknologi tidak akan terlpakan. Selamat jalan Ian Murdock, semoga tenang.


'