Uncategorized

Kenapa Arah Kursor Mouse Miring Ke Kiri? Ini Alasannya


Kenapa Arah Kursor Mouse Miring Ke Kiri? Ini Alasannya – Tidak perlu lagi saya jelaskan / descripsikan apa itu kursor mouse atau sering disebut pointer. Ya, karena saya yakin Anda yang membaca artikel ini sudah mengetahuinya.

Namun saya ingin mengangkat sebuah kisah mengenai arah dari kursor yang selalu miring ke kiri. Pernahkah Anda memikirkan apa alasannya kursor ini dibuat miring ke kiri? Kenapa tidak lurus saja? Yuk, simak kisah singkatnya.

Kenapa Arah Kursor Mouse Miring Ke Kiri? Ini Alasannya
Image: flickr.com

Selama ini kita tahu bahwa posisi default dari kursor itu selalu miring ke kiri dengan kemiringan yang kurang lebih 45 derajat. Nah, perlu Anda ketahui, penetapan posisi kursor ini bukanlah semata-mata kebetulan atau keisengan pembuatnya, namun ada maksud lain.

Memang pada awalnya (tahun 1968), kursor mouse ini dibuat dengan posisi yang tegak lurus oleh pembuatnya, Douglas Englebart. Ya, tegak lurus, belum miring ke kiri apalagi ke kanan. Perlu diketahui, sebelumnya pada tahun 1961, wujud pertama kali dari kursor adalah huruf X dan Y. Namun beberapa tahun kemudian, Douglas merubahnya menjadi bentuk panah tegak ke atas.

Kenapa Arah Kursor Mouse Miring Ke Kiri? Ini Alasannya

Tidak lama kemdian, bersamaan dengan hadirnya komputer XEROX PARC, baru posisi kursor mulai dimiringkan. Alasannya hanya karena masalah resolusi layar yang rendah. Hal ini menyebabkan bentuk kursor yang tegak lurus sangat sulit ditemukan, karena tampilannya hampir mirip dengan objek lain yang berada di layar. Tidak hanya itu, layar yang digunakan pada waktu itupun masih hitam putih. Sehingga lebih menyulitkan melihat objek yang semuanya lurus.

Kenapa Arah Kursor Mouse Miring Ke Kiri? Ini Alasannya

Karena alasan itulah posisi kursor dibuat agak miring ke kiri dengan kemiringan 45 derajat agar mudah membedakan antara kursor dengan objek pada layar kala itu. Sejak saat itu hingga sekarang, temuan ini masih berlaku, sehingga setiap OS seperti Windows, Linux, dan MAC membuat bentuk kursor miring ke kiri.


'