Uncategorized

Kenapa Bandwith Internet 1 Mbps Tapi Kecepatan Maksimal Download Hanya 125 KB/s??


Kenapa Bandwith Internet 1 Mbps Tapi Kecepatan Maksimal Download Hanya 125 KB/s?? – Ketika sedang asik-asik browsing dan streaming, tiba-tiba teman saya bertanya (ntah bercanda atau serius) pada saya, “Kenapa ya, kecepatan download kita cuma sampe 125 KB/s, padahal kan bandwith yang kita pakai mencapai 1 Mbps??”.

Memang bukan hal baru lagi kalau banyak orang yang membeli paket internet dengan kecepatan 1 Mbps berharap akan mendapat kecepatan download 1 MB/s, meskipun yang mereka dapat sebenarnya hanya berkisar 125 KB/s saja. Jadi, mengapa bisa demikian?

Kenapa Bandwith Internet 1 Mbps Tapi Kecepatan Maksimal Download Hanya 125 KB/s??

Mungkin pertanyaan tersebut bukan dari teman saya saja, bisa jadi Anda pun bertanya-tanya tentang hal ini. Baik, untuk menjawab pertanyaan sederhana ini, saya akan jabarkan sedikit alasanya mengapa bisa bandwith 1 Mbps hanya bisa download hingga 125 KB/s.

Satuan Bytes (B) dan Bits (b) itu berbeda

Satuan inilah yang kerap membuat kita bingung, dan tidak jarang banyak orang yang menganggapnya sama, meskipun sebenarnya kedua satuan ini sangatlah berbeda. 1 Byte itu setara dengan 8 Bits. Untuk membedakan kedua satuan ini, Bytes lebih sering disimbolkan dengan “B“, sedangkan Bits disimbolkan dengan “b“.

Kenapa Bandwith Internet 1 Mbps Tapi Kecepatan Maksimal Download Hanya 125 KB/s??

Hal ini mengingatkan kita kembali ke masa-masa sekolah SMK, dimana pembelajaran konversi bilangan sempat menjadi sesuatu yang buming di kelas. Yah, sedikit banyak pelajaran ini sangat berguna juga.

OK, kembali ke topik. Jadi, jika Bytes dikonversi ke bentuk Kilobytes (KB) dan Megabytes (MB), maka hasilnya adalah seperti ini.

1 KB = 1000 Bytes
1 MB = 1000000 Bytes

Lalu jika bits dikonversikan ke bentuk Kilobits (Kb) dan Megabits (Mb), maka hasilnya adalah seperti ini.


1 Kb = 1000 bits
1 Mb = 1000000 bits

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Penggunaan Bytes dan Bits Pada Transfer Data Internet

Satuan kecepatan transfer data yang digunakan pada internet adalah Bytes per second (B/s) atau Bits per second (bps). Biasanya satuan yang digunakan oleh internet service provider untuk ditampilkan pada pengguna adalah bps.

Internet Service Provider biasanya menyediakan dua jenis kecepatan, yaitu kecepatan untuk download dan upload. Secara umum kecepatan download lebih besar dibanding kecepatan upload, itu karena kegemaran kita untuk browsig, streaming, yang berarti kita juga mendownload data-data dari internet. Kecepatan download ini jugalah yang lebih sering diperlihatkan ISP pada calon penggunanya.

OK, langsung pada perhitungan utamanya. Jadi, kenapa kalau kita beli paket 1 Mbps hanya mendapat kecepatan maksimum download 125 KB/s??? Semoga perhitungan sederhana ini sangat mudah dimengerti ya..

Berdasarkan ketentuan di atas tadi, saya simpulkan sebagai berikut:

1 bytes = 8 bits
1 Mb = 1.000.000 bits / 8 bits = 125.000 bits = 125 KB
Jadi, 1 Mbps = 125 KB/s.

Gimana, sudah tau kan apa alasannya kenapa bisa seperti itu? Kecepatan download kamu bukan dikurangi, melainkan dikonversikan ke satuan yang lain (bits ke bytes). Jadi, yang ditampilkan di layar monito hanya hasil konversi bilangan saja. Semoga bermanfaat. 🙂

sumber