Editorial

Kenapa Posisi Tombol Kalkulator dan Telepon Berbeda? Ini Teorinya


Hal ini cukup aneh bahwa kalkulator dan telepon memiliki layout persis berlawanan untuk keypad mereka, yang memiliki banyak komponen yang sama. Alasan di balik perbedaan ini tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa teori yang dapat menjelaskannya.

calculator keypad

Teori pertama berkaitan dengan sirkuit dan hardware telepon tone-recognition. Ketika telepon touch-tone sedang dirancang di akhir 1950-an, desainer kalkulator telah membentuk tata letak yang memiliki 7, 8 dan 9 di baris atas. Seorang data-entry profesional dapat menggunakan kalkulator cukup teratur, cukup mahir menavigasi keypad ini. Mereka bisa mengetik dalam jumlah yang sangat cepat, dan mempercepat untuk entri data, tapi tidak untuk panggilan telepon. Teknologi tone-recognition tidak bisa beroperasi secara efektif pada kecepatan di mana spesialis ini bisa menghubungi nomor. Para desainer telepon pikir bahwa jika mereka membalik tata letak, kecepatan panggilan akan menurun dan tone-recognition akan mampu melakukan tugasnya lebih andal. Teori ini memiliki sedikit bukti untuk mendukung itu, tapi itu tidak masuk akal.

telephone keypad

Teori kedua mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Bell Labs pada tahun 1960. Penelitian ini melibatkan pengujian beberapa layout tombol telepon yang berbeda untuk mengetahui yang paling mudah untuk dikuasai. Setelah menguji beberapa layout, termasuk salah satu yang digunakan dua baris dengan lima nomor pada masing-masing baris dan ada yang menggunakan posisi melingkar, ditetapkan bahwa matriks tiga dengan tombol 1, 2, 3 di atas adalah layout yang paling mudah dikuasai.

Teori lain didasarkan pada tata letak telepon rotary. Pada dial rotary, 1 adalah di bagian kanan atas dan nol adalah di bagian bawah. Ketika merancang keypad touch-tone baru, menempatkan 1 di kanan atas tidak masuk akal, karena menulis di Barat dibaca dari kiri ke kanan. Tapi menempatkan 1 pada nomor kiri atas, dan selanjutnya ke kanan, lebih masuk akal. Menggunakan rumus itu, baris yang dihasilkan membuat nol mendapatkan baris sendiri di bagian bawah.

Semua teori ini berusaha untuk menjelaskan mengapa keypad telepon dan kalkulator berlawanan, belum ada satu teori dapat menunjuk sebagai alasan yang pasti.

Kalau menurut penulis sendiri sih, kenapa tombol telepon angka 7, 8, 9 berada dibawah? Itu karena agar kalau kita menulis nomor telepon lebih mudah (misal, 08xxx).