Editorial

Ketahui, Inilah Elemen Dasar Website Bisnis yang Paling Penting


Desain website memang tidak bisa disepelekan begitu saja. Perlu Kamu sadari, bahwa desain website menjadi pertemuan pertama kali antara Kamu dengan para pembaca. Jika desain website dibuat dengan tampilan yang menarik, maka sudah pasti akan langsung memberikan kesan tersendiri bagi para pembaca.

Bagi Kamu yang memiliki website untuk urusan bisnis, baik itu menjual produk atau jasa, maka sangat penting untuk membuat website yang menarik dan nyaman bagi pembaca, sehingga para pengunjung bisa betah berlama-lama di sana. Dengan begitu, maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan calon konsumen baru.

Tidak hanya itu saja, tampilan website ternyata juga mempengaruhi SEO. Sebuah website yang tampilannya SEO friendly, otomatis akan tinggi pula peringkat SEO yang didapatkan dari Google. Dengan begitu, maka website tersebut akan lebih sering muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.

Bisa dikatakan bahwa desain website sama halnya dengan fashion. Artinya, selalu berubah-ubah seiring perkembangan zaman. Namun, ternyata elemen-elemen esensial pada wesbite tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Lantas, apa saja elemen dasar website bisnis atau perusahaan?

Baca Juga : “beli hosting murah Indonesia”

Ini Dia, Aneka Elemen Dasar yang Wajib Ada pada Website Perusahaan

Elemen dasar sebuah website seharusnya bisa meningkatkan User Experience (UX). Dengan begitu, maka jumlah calon konsumen akan semakin meningkat pula. Nah, inilah elemen-elemen dasar yang harus dimiliki oleh website perusahaan:

1. Layout

Layout sebuah website perusahaan harus memiliki susunan elemen yang bisa memudahkan pengunjung untuk mengikuti alur informasi yang ingin disampaikan pemilik website kepada para pembaca. Jadi, website bisnis harus mempertimbangkan tata letak layout secara menyeluruh. Sebaiknya, layout jangan dibuat terlalu rumit yang justru akan membuat para pembaca mengalami kesulitan untuk mengikuti alur yang disajikan.

2. White Space

White space juga menjadi hal yang penting dalam sebuah website. Elemen ini berfungsi untuk mempermudah  mata manusia dalam mengorganisasi data. White space sendiri merupakan sebuah ruang kosong yang diberikan dengan tujuan untuk memisahkan antara elemen satu dengan elemen yang lain. Perlu diketahui bahwa website merupakan sebuah ruang yang berisi aneka jenis informasi. Nah, agar informasi tersebut bisa diolah dan diterima secara baik oleh mata para pembaca, maka harus ada ruang kosong yang fungsinya sebagai jeda.

3. Navigasi

Navigasi memiliki peran yang penting dalam sebuah website bisnis. Navigasi bisa diibaratkan sebagai denah atau pun petunjuk jalan yang bisa mempermudah pengunjung untuk mencari konten atau kategori produk apa pun yang dibutuhkan. Maka dari itu, pastikan website bisnis Anda juga mempunyai navigasi yang letaknya strategis, sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pembaca. Selain letaknya strategis, bentuk navigasi juga harus mudah dipakai. Dengan begitu, maka pembaca semakin betah berlama-lama di website bisnis Anda.

4. Tombol ‘search’

Para pembaca pasti sering dibuat kesal saat berkunjung ke sebuah situs website yang ternyata tidak menyediakan tombol ‘search’. Ya, adanya tombol ‘search’ ini memang sangat penting untuk memanjakan para pengunjung. Perlu Anda ketahui, bahwa kita tidak tahu apa yang ingin segera ditemukan oleh pembaca saat mengunjungi sebuah website.

Nah, tombol search inilah yang memberikan kebebasan bagi para pembaca untuk bisa segera mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Pembaca tidak bisa meluangkan banyak waktu hanya untuk mencari informasi yang ingin mereka ketahui dengan membuka satu per satu konten yang ada dalam website. Dengan adanya tombol search, pembaca akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang diinginkan secepat mungkin.

5. Kontak info

Pembaca pasti ingin tau dengan jelas apakah situs yang dikunjungi benar-benar dikelola oleh sebuah perusahaan asli atau hanya fiktif belaka. Untuk itulah, adanya laman kontak sangatlah penting, karena dibutuhkan oleh hampir semua pembaca agar mereka bisa mengenal perusahaan lebih jauh. Selain itu, kontak info juga bisa memudahkan pengunjung jika ingin menghubungi Anda. Tentu saja, adanya kontak info inilah yang akan membuat hubungan Anda dengan pelanggan bisa terjalin lebih dekat.

6. Halaman ‘about me’

Elemen yang tidak kalah penting dalam sebuah website adalah laman ‘about me/us’. Elemen ini ternyata mempunyai banyak fungsi. Fungsi elemen ini di antaranya adalah untuk memperkenalkan profil atau biografi perusahaan, menjelaskan dengan lebih spesifik tentang bidang bisnis yang ditekuni, mengenalkan jasa ataupun produk yang diproduksi dan dijual oleh perusahaan, hingga membangun engagement bersama para pembaca.

7. Footer yang Informatif

Footer dapat berupa pengulangan informasi, tapi dengan catatan bahwa informasi tersebut memang cukup krusial. Selain itu, footer juga bisa ditambahkan dengan informasi seperti copyright, sitemaps, privacy policy, ataupun jenis informasi lainnya yang bertujuan untuk memudahkan para pembaca.

Desain dan tampilan website terbukti menjadi impresi pertama yang akan menunjukkan siapa sebenarnya diri Anda. Melalui desain website, kita juga bisa mengetahui seberapa tinggi nilai profesionalitas bisnis yang Anda kelola hingga bisa diketahui sejauh manakah pengetahuan Anda tentang dunia teknologi digital. Untuk itulah, pastikan Anda membuat website bisnis dengan elemen dasar website yang lengkap sehingga bisa memanjakan para pengunjung. Dengan demikian, pengunjung pasti bisa lebih merasa nyaman dan berpotensi menjadi konsumen tetap untuk jasa atau produk yang Anda tawarkan.


Follow Instagram @pintarkomputercom