Learn

Klarifikasi Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis (LAN, MAN, WAN)


Klarifikasi Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis (LAN, MAN, WAN) – Seperti yang sempat dibahas pada artikel sebelumnya, jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana kita dapat menghubungkan beberapa komputer menjadi satu kesatuan yang dapat saling berhubungan, berbagi, dan berkomunikasi.

Terdapat 3 jenis jaringan komputer saat ini, yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WIDE). Silahkan Anda bisa membaca penjelasan dibawah ini tentang ketiga jenis jaringan komputer tersebut.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jenis jaringan yang ruang lingkupnya berada di area yang relatif kecil. Pada umumnya, jenis jaringan ini sering diterapkan pada kantor, lab sekolah, rumahan, dan lain sebagainya yang area lingkupnya kecil. Dengan kata lain, jenis jaringan ini hanya dapat menghubungkan komputer-komputer yang berada di satu tempat (terbatas) yang berjarak tidak lebih dari 1 KM.

Klarifikasi Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis (LAN, MAN, WAN)

2. Metropolitant Area Netwrok (MAN)

Pada jenis jaringan MAN ini, biasanya ruang lingkupnya sedikit lebih luas dari LAN. Biasanya bisa meliputi antar wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini, sistem jaringan komputer menghubungkan beberapa jaringan kecil (LAN) ke area yang lebih besar. Contoh: jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Mis­alnya Bank Mandiri yang ada di seluruh wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi. Dengan begini, jaringan ini bisa memudahkan sebuah perusahaan untuk mengelola cabang mereka dari jarak yang jauh, tanpa harus mendatanginya satu-persatu.

Klarifikasi Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis (LAN, MAN, WAN)3. Wide Area Network (WAN)

Mengingat ruang lingkup pada jaringan WAN ini sangatlah luas, maka kebanyakan pengguna sudah menggunakan satelit atau bahkan kabel bawah laut untuk menghubungkannya. WAN mencakup daerah geografis yang sangat luas, dan biasanya saling menghubungkan negara bahkan benua.

Klarifikasi Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis (LAN, MAN, WAN)Nah, itulah beberpa jenis jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Baca artikel populer:


'