Uncategorized

Kriteria Laptop yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa


Kriteria Laptop yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa – Bagi pelajar ataupun mahasiswa masa kini, memiliki laptop memang belum teramat wajib, tapi akan lebih baik jika memiliki laptop sendiri. Tidak perlu yang bagus-bagus, tidak harus dengan spesifikasi yang wah. Kenapa? Karena kebutuhan pelajar atau mahasiswa pada umumnya hanyalah sebatas untuk pengetikan saja.

Bagi kamu para pelajar, mahasiswa, atau bahkan orang tua
yang ingin membelikan putra-putrinya laptop, harus selektif memilih laptop yang pas. Ingat ya, tidak harus mahal ataupun memiliki spesifikasi tinggi. Beberapa kriteria laptop di bawah ini, saya rasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelajar atau mahasiswa pada umumnya.

Kriteria Laptop yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Kriteria Laptop Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Baterry tahan lama

Sumber daya listrik adalah yang paling utama. Baik pelajar ataupun mahasiswa, tentunya sering menggunakan laptop secara mendadak bahkan tidak peduli kalau tempat tersebut tidak memiliki sumber listrik (stop kontak).

Selain itu, akan sangat repot jika baterry laptop kita sudah dalam kondisi terburuk. Misalnya harus dicas terus kalau ingin menghidupkan laptop, tentu dalam kondisi ini kita harus menyediakan charger dimanapun kita berada. Tidak masalah jika selalu tersedia, karena ada kalanya kita lupa membawa charger laptop.

Nah, salah satu cara untuk mengantisipasinya tentu laptop yang dimiliki harus hemat baterry. Jadi, enjoy saja meskipun ingin menggunakan laptop di bawah pohon sekalipun.

Dimensi dan berat

Tingkat mobilitas dan aktivitas pelajar/mahasiswa sangatlah tinggi. Tentunya hal ini harus didukung dengan kondisi laptop yang mereka miliki. Laptop dengan dimensi yang tidak terlalu besar dan ringan adalah pilihan yang tepat.

Saya pun sangat senang dengan kriteria laptop seperti ini, karena aktivitas yang kita lakukan bisa menjadi lebih terbantu. Saya merekomendasikan laptop yang memiliki dimensi tidak lebih dari 15 inci dan berat yang tidak lebih dari 2 Kg.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ukuran Layar

Ukuran layar juga tidak kalah pentingnya. Bagi saya ukuran layar yang cocok bagi pelajar ataupun mahasiswa adalah 13-14 inci. Tidak terlalu besar dan kecil. Ukuran layar yang berada di bawah 12 inci tentunya akan menyulitkan dalam penglihatan kita, dan ini tentunya akan menyulitkan kita juga dalam bekerja.

Sedangkan untuk layar laptop dengan ukuran lebih dari 15 inci memang sangat bagus, kita dapat melihat layar dengan nyaman karena lebih jelas. Namun secara fisik, ukuran layar yang seperti ini akan mempengaruhi dimensi dan berat laptop tersebut. Sedangkan kita tidak menginginkan laptop yang terlalu besar dan berat demi mendukung kegiatan-kegiatan yang ada.

Jadi, yang saya sarankan adalah laptop dengan ukuran layar 13-14 inci. Lebih besar sih lebih baik, tapi konsekuensinya lebih berat juga.

Keyboard dan Mouse 

Bila dilihat dari lingkungan kegiatan pelajar/mahasiswa sangat berbeda dengan mereka pegawai kantoran yang memiliki ruangan terang dan meja yang nyaman. Pelajar/ mahasiswa terkadang tidak terlalu memperhatikan tempat, mereka kerap melakukan kegiatan dimanapun sekalipun tanpa meja kerja yang nyaman atau ditempat-tempat dengan intensitas cahaya yang minim, seperti di kantin.

Jika kondisinya seperti ini, saya sangat merekomendasikan untuk memilih laptop dengan kondisi keyboard yang nyaman untuk mengetik, dan bila perlu pilih yang keyboardnya memiliki lampu backlight agar dapat melihat karakter dengan jelas meski di tempat minim cahaya. Dan untuk mouse, saya sarankan untuk menambahkan mouse wireless agar lebih nyaman melakukan pekerjaan.

Koneksi jaringan

Saya rasa untuk koneksi jaringan, kita tidak perlu khawatir, karena kebanyakan laptop sekarang sudah dilengkapi dengan koneksi via kabel dan juga wireless. Dan hal ini tentunya sudah cukup untuk kebutuhan mahasiswa.

Dengan kriteria laptop di atas, saya rasa kebutuhan pelajar dan mahasiswa sudah dapat terpenuhi. Jadi, tidak perlu lagi memikirkan laptop dengan spesifikasi yang wah (prosesor yang tinggi, vga dengan kualitas tinggi, touchscreen, dan lain-lain), toh pekerjaan kita sudah dapat dibebankan pada kriteria di atas tadi.

sumber gambar: Google Image


'