Learn

Latency Bisa Membuat Koneksi Internet yang Cepat Terasa “Lambat”, Kok Bisa?


Ada yang lebih penting untuk kecepatan koneksi internet dari sekedar bandwidth. Hal ini terutama berlaku pada koneksi internet satelit, yang dapat menawarkan kecepatan hingga 15 Mbps, tapi masih akan terasa lambat.

Latency Vs Bandwidth

Koneksi internet, termasuk koneksi internet satelit, diiklankan dengan kecepatan “hingga 15 Mbps”. Anda bisa melihat koneksi internet satelit menawarkan kecepatan ini dan menganggap pengalaman menggunakannya akan sebanding dengan pengalaman menggunakan kabel 15 Mbps koneksi internet, tetapi Anda akan salah.

Bandwidth: Bandwidth menentukan seberapa cepat data dapat ditransfer dari waktu ke waktu. Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer per detik.
Latency: Latency adalah delay. Latency adalah berapa lama perjalanan data antara sumber dan tujuan, diukur dalam milidetik.

Latency Di Dunia Nyata

Katakanlah Anda browsing web pada berbagai jenis koneksi. Berikut adalah bagaimana cara latency akan terasa:

Satellite Internet Connection (High Speed, High Latency): Anda akan mengklik link pada halaman web dan setelah itu penundaan terlihat, halaman web akan mulai men-download dan muncul hampir sekaligus.
Theoretical Connection (Low Speed, Low Latency): Anda akan mengklik link pada halaman web dan halaman web akan mulai loading segera. Namun, itu akan memakan waktu cukup lama untuk memuat sepenuhnya dan Anda akan melihat gambar beban satu-per-satu.
Cable Internet Connection (High Speed, Low Latency): Anda akan mengklik link pada halaman web dan halaman web akan muncul segera, men-download hampir semua sekaligus.

Latency selalu bermanifestasi sebagai penundaan. Misalnya, jika Anda memiliki chat Skype dengan seseorang pada koneksi internet yang high-latency, Anda akan tidak sinkron satu sama lain.

Jika Anda sedang bermain game online, tindakan Anda akan tertunda dan peristiwa yang terjadi dalam permainan akan memiliki keterlambatan yang terlihat sebelum mereka mencapai komputer Anda.

Apa Yang Menyebabkan Latency

Bandwidth dan Latency lebih tergantung dari koneksi Internet Anda, itu dipengaruhi oleh hardware jaringan, lokasi remote server dan koneksi, dan router Internet antara komputer Anda dan server.

Paket tidak melakukan perjalanan melalui router langsung. Setiap router, paket melakukan perjalanan melalui penundaan beberapa milidetik, yang dapat bertambah jika paket melakukan perjalanan melalui banyak router untuk tujuan.

Namun, beberapa jenis koneksi, koneksi internet satelit seperti memiliki latency yang tinggi bahkan dalam kondisi terbaik. Hal ini biasanya membutuhkan waktu antara 500 dan 700 ms untuk paket untuk mencapai penyedia layanan Internet melalui koneksi internet satelit.

Latency bukan hanya masalah untuk koneksi internet satelit. Anda mungkin dapat menelusuri website host di benua lain tanpa memperhatikan latency sangat banyak, tetapi misalnya jika Anda berada di Indonesia dan bermain game online dengan server yang berlokasi di Eropa, latency mungkin lebih jelas.

Mengukur Latency

Anda dapat mengukur latency antara komputer Anda dan alamat web dengan perintah ping. Dalam contoh kita, dibutuhkan 96 ms untuk lalu lintas untuk pergi antara komputer kita dan server Google. Jika kita memiliki koneksi internet satelit, ini bisa setinggi 700 ms.

Latency Bisa Membuat Koneksi Internet yang Cepat Terasa Lambat, Kok Bisa (2)

Untuk menunjukkan dampak jarak pada latency, kita bisa ping website pintarkomputer.com. Latency antara komputer dan pintarkomputer.com adalah 284 ms.

Latency Bisa Membuat Koneksi Internet yang Cepat Terasa Lambat, Kok Bisa (3)

Ketika kami ping router lokal kami, kami melihat latency kurang dari 1ms. Router sangat dekat dan kita dapat terhubung langsung tanpa melalui router lainnya.

Latency Bisa Membuat Koneksi Internet yang Cepat Terasa Lambat, Kok Bisa (4)

Anda juga dapat melihat berapa banyak latency setiap router, dengan menambahkan perintah tracert.

Latency Bisa Membuat Koneksi Internet yang Cepat Terasa Lambat, Kok Bisa (5)

Latency selalu bersama kita, itu hanya soal seberapa signifikan. Pada latency rendah, data harus mentransfer hampir seketika dan kita tidak dapat melihat penundaan. Pada latency lebih tinggi, kita mulai melihat penundaan.

Apa kamu sudah baca ini?