Editorial

[VIDEO] Lihat, Anak-Anak Ini Mendapat Kesenangan Saat Menggunakan Terminal Linux di Ubuntu


Lihat, Anak-Anak Ini Mendapat Kesenangan Saat Menggunakan Terminal Linux di Ubuntu – Tidak sengaja, saya menemukan sebuah video pendek yang mana pada video tersebut memperlihatkan kesenangan anak-anak dengan terminal linux pada komputer mereka di sebuah lab sekolah. Saya tidak tahu jelas dari mana video ini terekam. Yang jelas, jika melihat murid-muridnya saya berpikir video ini terekam di Indonesia atau negara melayu lain.

Yuk, lihat videonya dulu !!! Dijamin, kamu pasti tidak menyangka kalau hal sederhana dapat menimbulkan kreativitas yang menyenangkan.

 

Bagaimana menjalankan kereta tersebut di terminal linux???

Pasti kamu juga ingin kan mencoba menjalankan animasi tersebut di komputer kamu. Jangan khawatir, ini bukanlah magic, ini hanyalah command sederhana di terminal Linux, kamu bisa menjalankannya hanya dengan mengetikkan “sl” di terminal.

Dimana bagian menariknya? Jika kamu adalah orang yang sering menggunakan terminal Linux, pastinya kamu tau kalau command “ls” merupakan salah satu yang sering digunakan. Nah, ketika kamu salah ketik menjadi “sl“, secara otomatis kamu akan melihat kereta api berjalan di terminal linux kamu.

Jika kamu ingin merasakan sedikit kesenangan seperti anak-anak di video tersebut, kamu bisa menginstalnya melalui terminal menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install sl

Seperti yang sudah saya katakan, untuk menjalankannya di terminal, cukup dengan mengetik perintah “sl“. Selain itu, ada juga opsi tambahan jika tampilannya ingin lebih bervariasi, sebagai berikut:

  • -a : kamu akan melihat seolah-olah seseorang meminta bantuan
  • -l : kereta yang muncul berukuran lebih kecil, tapi lebih panjang
  • -F : kereta muncul dari bawah ke atas, seolah-olah terbang
  • -e : memungkinkan kamu untuk meghentikan animasi dengan menekan tombol Ctrl+C. Karena secara default tombol tersebut tidak dapat menghentikan animasinya.

Normalnya, kamu juga dapat mendengan suara peluit dari animasi tersebut, tetapi hal itu tidak dapat bekerja pada beberapa distro Linux, dan sayangnya Ubuntu menjadi bagian dari mereka.  Di bawah ini adalah tampilan animasi yang terdapat orang meminta bantuan. HELP HELP…

Lihat, Anak-Anak Ini Mendapat Kesenangan Saat Menggunakan Terminal Linux di Ubuntu

Gimana, sangat kreative ya videonya. Hehe,,, Padahal hanya sebuah perintah “sl” saja, tapi yang membuatnya beda adalah cara penyajiannya yang menggabungkan beberapa komputer sehinga terlihat memiliki track yang panjang. Semoga menghibur. 🙂


'