Uncategorized

Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya


Perangkat Jaringan Komputer merupakan beberapa komponen pendukung dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya atau juga bisa menghubungkan beberapa perangkat jaringan lainnya agar dapat saling berinteraksi dan saling bertukar data.

Pada artikel ini, saya akan menunjukan kepada Anda beberapa perangkat yang sering digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Mungkin beberapa diantara Anda ada yang sering mendengar beberapa perangkat jaringan komputer seperti hub, switch, atau router. Perlu Anda ketahui ketiga perangkat jaringan komputer ini adalah contoh dari sekian banyak perangkat yang ada. Ketiganya menghubungkan perlataran komputasi seperti komputer, printer, dan perlatan jaringan lainnya sehingga saling berbagi pakai.

Memahami berbagai macam perangkat keras yang ada pada jaringan komputer beserta fungsinya

Sekilas penggunaan perangkat-perangakat jaringan tersebut sama, akan tetapi sebenarnya perangkat-perangkat ini memiliki tugas dan tujuan yang berbeda. Untuk mengtahui apa saja perangkat jaringan komputer, ayo simak ulasannya dibawah ini.

Network interface Card (NIC)

Banyak sekali istilah dalam penamaan perangkat ini, ada yang mengatakan ethernet card, lan card, atau yang lebih simple NIC, namun pada dasarnya adalah sama. NIC ini adalah perangkat yang digunakan oleh komputer untuk terhubung dengan sebuah jaringan. Umumnya perangkat ini bersifat internal yang terhubung melalui slot ekspansi yang ada di motherboard komputer.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hub

Merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim sinyal dari komputer ke komputer lain dan juga sebagai titik pusat penghubung antara beberapa komputer dalam satu jaringan. Hub menerima packet data dari setiap perangkat yang terhubung, kemudian menyalurkan data tersebut ke perangkat lainnya yang terhubung. Jadi begini, jika sebuah komputer A mengirimkan sinyal ke hub, maka komputer lainnya (B, C, D, E) akan menerimanya.

Switch

Jika hub hanyalah perangkat yang bertugas sebagai penerima dan pengirim sinyal, maka tidak sama halnya dengan switch. Switch bertugas mengatur lalu lintas jaringan. Setiap data yang dikirim oleh komputer atau perangkat yang menjadi perantara dari komputer mana data ini berasal, dengan maksud yang bagaimana, dan switch dipastikan menyampaikan data ini ke tujuan sebenarnya. Misalnya, komputer A mengirimkan pesan ke komputer E, switch akan memastikan bahwa komputer B, C, ataupun D tidak akan menerima pesan tersebut.

Router

Router berbeda denga hub ataupun switch. Router adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan komputer. INGAT!! jaringan komputer, bukan Komputer. Router berfungsi untuk meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Misal, di sebuah perusahaan terdapat dua jenis jaringan komputer, yaitu skretaris dan keuangan. Jika komputer A pada jaringan sekretaris ingin mengirimkan pesan langsung pada jaringan keuangan, maka pesan tersebut harus melewati router yang menghubungkan dua jaringan tersebut agar pesan bisa diterima oleh komputer B pada jaringan keuangan.

Repeater

Repeater adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk memperpanajang jarak maksimal sinyal untuk sebuah jaringan komputer. Atau dengan kata lain, perangakat keras ini mampu memperkuat sinyal pada sebuah jaringan komputer. Repeater menerima mengumpulkan sinyal yang ada dan akan memancarkan kembali sinyal itu.

Bridge

Bridge hampir sama dengan repeate, yang menjadi pembeda antara perangkat ini, bridge mampu menghubungkan dua jaringan yang menggunakan media transmisi berbeda.

Itulah beberapa perangkat jaringan komputer yang sering digunakan. Semoga bermanfaat.

Baca artikel populer lainnya: