Tutorial

3 Cara Memindahkan Unity Launcher ke Bawah di Ubuntu 16.04


Ubuntu 16.04 LTS hadir dengan salah satu fitur barunya yakni memungkinkan penggunanya untuk memindahkan Unity Launcher ke bagian bawah layar Anda. Unity Launcher kini sudah tidak lagi terkunci di sisi kiri layar, hanya saja untuk memindahkan Unity Launcher ke bagian bawah layar memerlukan sedikit tweak.

Opsi baru ini memang sangat berguna, meskipun masih terikat. Posisi Unity Launcher hanya bisa berasa di sisi kiri atau di sisi bawah layar. Namun tidak apa-apa, itu masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memindahkan posisi Unitu Launcher, dalam artikel ini kita akan melakukannya dengan terminal, tweak tool, dan Dconf Editor.

Menggunakan Terminal

Buka terminal Anda. Untuk membuka terminal, klik icon Ubuntu di kiri atas untuk membuka Dash, dan ketik “terminal”, kemudian Enter.

Tulis atau copy-paste perintah di bawah ini. Unity Launcher akan pindah ke bawah layar Anda sehingga tidak perlu lagi reboot atau log out lagi.

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Bottom

Ubuntu akan menyimpan settingan ini sehingga Anda tidak perlu lagi menjalankan perintah di atas.

Untuk memindahkannya lagi ke sisi kiri layar, ketik perintah:

gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Left

Menggunakan Tweak Tool

Unity Tweak Tool termasuk aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda mengontrol  dengan cepat dan melakukan banyak customisasi terhadap Unity. Kita harus menginstalnya terlebih dahulu, untuk menginstalnya buka aplikasi Software yang ada di Ubuntu, ketik di pencarian “Ubuntu Tweak Tool”, dan install.

memindahkan unity launcher ke bawah

Jalankan Unity Tweak Tool, klik icon Launcher.

memindahkan unity launcher ke bawah

Pada opsi position, ubah ke bottom. Untuk mengembalikan ke kiri, ubah menjadi left.

memindahkan unity launcher ke bawah

Mengunakan  Dconf Editor

Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan Dconf Editor. Untuk menginstal alat ini, buka aplikasi Software, cari “dconf Editor”, dan install.

memindahkan unity launcher ke bawah

Jalan Dconf Editor, arahkan ke com->canonical->unity->launcher. Pada opsi launcer-position ubah value menjadi bottom.

memindahkan unity launcher ke bawah

Selamat mencob.


'