Uncategorized

Mengapa Reply Ping Tinggi atau Besar? ini 6 Alasannya


Yang bisa menjadi acuan dari hasil perintah ping adalah time atau waktu. Pada perintah ping, time atau waktu biasa dihitung dalam satu ms (millisecond) atau seperseribu detik. Time atau waktu yang biasa kita lihat pada hasil ping adalah waktu yang dibutuhkan oleh packet data yang dikirim suatu komputer dan diterima kembali oleh komputer tersebut.

Dengan demikian, besar kecilnya waktu yang didapat dari hasil ping bisa menjadi acuan seberapa bagus kualitas koneksi suatu jaringan. Kualitas jaringan dapat dikatakan bagus apabila time atau waktu pada hasil ping kecil, karena kecepatan transfer sudah pasti tinggi.

Mengapa Reply Ping Tinggi atau Besar? ini 6 Alasannya

Kendati demikian, banyak yang beranggapan apabila time atau waktu pada hasil ping tinggi, maka kualitas jaringan tersebut tidak bagu. Pada belum tentu, karena ada banyak faktor-faktor yang menyebabkan hasil ping tinggi. Berikut ini merupakan faktor yang bisa menyebabkan reply ping tinggi atau besar.

1. Padatnya lalu lintas

Kita ibaratkan seperti jalan, meskipun jalan lebar, perjalanan akan menjadi lama apabila jalan tersebut padat kendaraan. Sama halnya dengan networking, waktu yang dibutuhkan oleh suatu packet untuk kembali kepada si pengirim akan lama pula. Hal ini sering terjadi apabila kita sedang download atau transfer data dalam jumlah besar.

2. Broadcast di dalam jaringan local atau LAN

Cara kerja broadcast adalah ketika sebuah komputer dalam jaringan LAN mengirim packet ke salah satu komputer, maka komputer tersebut akan mengirimkan packetnya ke sluruh komputer yang tergabung dalam jaringan LAN meskipun komputer tersebut bukanlah komputer tujuannya. Hal ini bisa menyebabkan broadcast storm jika berada dalam tingkat kesibukan yang tinggi, terlebih jika jaringan tersebut menggunakan hub. Jadi salah satu penyebab reply ping tinggi ialah broadcast storm tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Terjadi looping dalam jaringan

Terjadinya looping berawal dari susunan topologi yang salah sehingga menyebabkan data antar komputer pengirim dan penerima seolah-olah tidak pernah sampai alias mutar-mutar. Proses looping yang terus menerus inilah yang bisa menyebabkan padatnya lalu lintas sehingga memungkinkan reply ping tinggi.

4. Jarak atau Hop yang dilalui

Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh packet, maka akan semakin lama pula packet itu kembali.

5. Kapasitas bandwith

Reply time dari akan menjadi besar apabila kapasitas bandwith kecil. Hal ini bisa diibaratkan seperti jalan, apabila lebar jalan tersebut kecil, maka akan semakin cepat jalan tersebut mengalami kepadatan sehingga menyebabkan lamanya perjalanan.

6. Kemampuan NIC (Network Interface Card)

Setiap perangkat memiliki kemampuan yang terbatas. Perlu Anda ketahui bahwa setiap packet data yang diterima oleh NIC sebenarnya tidak langsung diproses, tetapi ditampung dulu sementara, setelah itu baru diproses. ini biasanya disebut dengan istilah buffering.Semakin banyak data yang di-buffer oleh NIC, maka proses pengolahan packet data menjadi lambat, dan ini bisa membuat reply time menjadi sangat tinggi.1

semoga bermanfaat 🙂


'