Uncategorized

Mengenal dan Memahami Ciri dan Karakteristik Jaringan LAN


Mengenal dan Memahami Ciri dan Karakteristik Jaringan LAN -Jaringan LAN merupakan sistem jaringan yang memiliki cakupan wilayah paling kecil dan merupakan cikal bakal aktivitas jaringan di muka bumi ini. Contoh penerapan jaringan LAN ini bisa kita rasakan ditempat-tempat seperti Lab komputer, perpustakaan, gedung kantor, dll.

Bicara jaringan LAN, saya akan coba tulis tentang ciri dan karakteristik dari jaringan LAN ini. Memahami jaringan LAN merupakan langkah awal yang sanga penting untuk bisa menguasai jaringan yang lebih luas lagi.

Mengenal dan Memahami Ciri dan Karakteristik Jaringan LAN
commons.wikimedia.org

Jangkauan Secara Geografis
Jaringan LAN merupakan jaringan dengan wilayah terkecil. Jaringan ini biasanya dibangun dalam ruangan seperti Lab, perpustakaan, kantor, dll, dimana jarak antara komputer yang terhubung saling berdekatan. Jadi kebayang dong, bagaimana cakupan wilayah dari jaringan LAN ini.

Berapa jumlah komputer yang dapat ditampung?
Jumlah komputer yang mampu ditampung pada jaringan LAN ini sekitar 25-35 komputer. Dalam jumlah sebanyak ini saja kemungkinan transmisi data bisa melambat. Apalagi bila ditambah dengan jumlah komputer yang lebih banyak. Karena jika terlalu banyak komputer yang terhubung akan menyebabkan broadcast domain yang semakin padat. Dan ini jelas akan membuat kinerja menjadi lambat.

Alamat yang digunakan adalah Mac Address
Karena biasanya pada jaringan LAN ini setiap komputer saling terhubung dengan perangkat switch, sedangkan switch merupakan perangkat yang bekerja berdasarkan layer 2 pada model TCP/IP. Jadi alamat yang digunakan untuk komunikasi adalah Mac address. Mac address merupakan alamat fisik yang dimiliki setiap network interface card (kartu jaringan).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Antara Host dan Node
Kedua istilah ini memang kental dengan jaringan LAN. Node adalah sebuah bagian dari sebuah network yang melakukan transmit dan receive sinyal data. Sedangkan Host adalah semua perangkat jaringan, termasuk workstation atau
komputer klien dan server, juga semua perangkat jaringan yang memiliki
IP address.

Perangkat Jaringan apa saja yang digunakan?

Pada jaringan LAN, perangkat yang umum dipakai adalah HUB dan Switch. Kedua perangkat ini lebih memiliki peran untuk komunikasi antara komputer yang berada pada jaringan LAN yang sama. Juga Access point, secara prinsip cara kerjanya sama seperti Hub dan Switch, hanya saja media transmisi yang digunakan adalah wireless.


Segment IP Address
Setiap host pada jaringan LAN harus memiliki IP address yang berada pada segment yang sama dengan host lainnya. Jika segment IP addressnya berbeda bagaimana? lanjutin bacanya. 🙂

Lalu bagaimana agar komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang ada di jaringan LAN lain dan segment jaringan yang berbeda? Kita bisa menggunakan router sebagai penghubung dua jaringan LAN yang berbeda ini. Karena fungsi router adalah meneruskan packet data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Itulah beberapa ciri dan karakteristik jaringa yang cakupan wilayahnya sangat kecil. Namun, jenis jaringan inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan di muka bumi ini. Semoga bermanfaat. 🙂