Editorial

Menggunakan Koneksi WiFi Sangat Cocok Untuk di Rumah, Mengapa??


Koneksi Menggunakan WiFi Sangat Cocok Untuk di Rumah – Sudah bukan hal langka, jika disetiap rumah sekarang ini sudah banyak yang menggunakan koneksi internet. Mulai dari perangkat komputer, laptop, smartphone, dan gadget lainnya. Biasanya masing-masing perangkat itu memiliki koneksi internet tersendiri.

Sebenarnya kita bisa membuat semua perangkat tersebut terhubung dengan internet, hanya dengan satu koneksi saja. Jadi, tidak perlu lagi semua perangkat memiliki koneksinya masing-masing. Hal ini memang bukanlah keharusan, namun ini bisa menghemat pengeluaran.

Bagaimana caranya? Ya, kita cukup menyediakan satu jaringan wifi dengan satu koneksi internet saja. Dengan jaringan wifi ini, semua perangkat sudah bisa terhubung ke internet. Inilah salah satu asalan koneksi Wifi sangat bermanfaat untuk di rumah. Berikut ini adalah beberapa alasan lainnya, terkait penggunaan wifi untuk jaringan rumah.

1. Saat ini semua perangkat sudah bisa terkoneksi melalui wifi

Tidak hanya laptop, smartphone, saja yang sudah menggunakan koneksi wifi. Saat ini juga komputer dekstop pun sudah bisa menggunakan koneksi wifi dengan cara menambah wifi adapter sebagai komponen tambahannya. Dengan begini, bisa dipastikan akan lebih bagus menggunakan koneksi wifi di rumah.

2. Sudah banyak perangkat yang meninggalkan koneksi kabel

Ya, sepert yang sudah dikatakan diatas, Komputer dekstop pun sudah mulai meninggalkan koneksi kabel. Dengan menambahkan perangkat wifi adapter, komputer sudah bisa terkoneksi dengan jaringan wifi. Ditambah lagi, kini sudah banyak yang lebih menggunakan laptop, smartphone, tablet, yang secara umum, semua perangkat yang disebutkan tadi lebih mengutamakan koneksi wifi.

3. Kebutuhan perangkat dengan mobilitas tanpa kabel semakin tinggi

Sekarang ini penggunaan perangkat dengan mobilitas yang tinggi sangat diperlukan. Akan tidak efisien jika perangkat tersebut masih dibatasi dengan panjangnya kabel yang menghubungkannya dengan jaringan. Dengan koneksi wifi, perangkat tersebut akan lebih memiliki tingkat mobilitas yang lebih tinggi.

4. Sangat mudah pemasangan jaringan wifi di daerah yang luasnya tidak terlalu besar

Pemasangan jairngan wifi dibandingkan dengan kabel, jelas lebih mudah. Ya, kita tidak perlu lagi menginstallasi kabel untuk setiap komputer atau perangkat yang ingin terhubung ke jaringan. Cukup memasang satu access point, semua perangkat sudah bisa terkoneksi, dan juga bisa menghemat energi.

5. Koneksi dengan jaringan wifi cukup aman

Access point juga memperhatikan tingkat keamanan baik itu secara software, maupun fisik. Access point bisa ditempatkan ditempat yang tidak mudah dijangkau oleh orang. Dan juga access point sudah banyak yang menggunakan sistem autentifikasi WPA dan WPA2.

6. Pemakaian daya listrik lebih kecil

Access point tidak memerlukan daya besar untuk beroperasi. Karena access point hanya menggunakan Tegangan DC 9 volt dan 0.85 A.


'