News

Opera 38 Final: Membuat Laptop Lebih Hemat Baterai dan Lebih Dingin!


Memang nama Opera tidaklah sepopuler broser lain semisal Chrome dan Firefox. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Opera untuk terus mengembangkan inovasi pada browser besutannya itu.

Hal ini dibuktikan dengan rilis terbarunya, Opera 38 Final, yang dilengkapi dengan fitur Battery Saver yang akan membuat laptopmu lebih hemat baterai.

2016-06-10_084713

Hasil tes menunjukan Opera lebih hemat 50%

Berdasarkan tes yang dilakukan pihaknya, Opera mengklaim bahwa browser bestuannya itu mampu menghemat penggunaan baterai hingga 50%, dan hal itu tidak bisa didapatkan browser lain.

Mereka juga membuatkan video testing yang membandingkan efisiensi baterai pada laptop ketika menggunakan Opera dengan Fitur Battery Saver ON dan tanpa fitur Battery Saver. Berikut ini videonya:

Berdasarkan video tersebut, terlihat kalau fitur Battery Saver dinonaktifkan, maka laptop akan lebih cepat mati. Juga sebaliknya jika fitur Battery Saver dinyalakan, maka laptop akan lebih lama mati.

Tidak hanya hemat baterai, suhu laptop pun bisa sampai 3 derajat celsius

Tidak cukup pada baterai yang hemat, Opera juga meng-claim bahwa browser kebanggannya itu mempu menurunkan suhu laptop hingga 3 derajat celsius. Woww, sangat dingin bukan?

Lebih dingin

Apa yang membuatnya lebih hemat dan lebih dingin?

Yang pasti, hal itu tidak serta-merta terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang dilakukan browser Opera ketika fitur Battery Saver dinyalakan, yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi aktivitas background tabs
  • Tidak terlalu sering Waking CPU karena adanya penjadwalan Javascript timer
  • Plug-in yang tidak terpakai secara otomatis berhenti
  • Mengurangi frame rate 30 frame per detik
  • Tuning parameter video playback dan memaksa penggunaan hardware accelerated video codecs
  • Penghentian animasi dari browser theme

Cara menyalakan fitur Battery Saver

Fitur ini akan muncul ketika kamu tidak sedang men-charger laptop. Nanti akan ada icon baterai, klik icon tersebut dan klik toogle menjadi On.

4_powersaver3d

Bagi kamu yang ingin mencoba browser Opera ini dan menikmati sendiri fitur barunya, Battery Saver, silahkan download Opera 38 Final dari link di bawah ini.

Download Opera 38 Final

via Opera