Tutorial

[Panduan Pemula] Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox Beserta Gambar


Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox – Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan jika ingin menginstall linux ubuntu bersamaan dengan windows. Seperti yang pernah saya tulis pada artikel 4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows, salah satu cara yang saya sebutkan adalah menggunakan virtual machine.

Kenapa Virtual Machine? Padahal kita bisa menginstalnya dual boot dengan Windows? Oke, memang kita bisa menginstall dual boot. Tapi, jika Anda masih tergolong awam, saya sarankan jangan, lebih baik menginstalnya di virtual machine. Menginstall linux ubuntu di virtual machine berarti kita hanya akan mengoperasikan mesin virtual, bukan komputer asli. Jadi, apapun yang terjadi, kita tidak perlu khawatir, karena virtual machine tersebut tidak mengganggu sistem pada komputer asli. Saya rasa cara ini sangat cocok, apabila kita hanya ingin melakukan testing atau sekedar coba-coba saja.

VirtualBox adalah salah satu virtual machine yang ada. Software ini bersifat gratis. Jadi, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Oke, pada tutorial ini kita akan mencoba menginstall linux Ubuntu di virtualbox.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox pada Windows 10

Step 1: Download ISO Linux Ubuntu

Bagi Anda yang belum memiliki file ISO Linux Ubuntu, silahkan dowload langsung melalui situs resmi disini.

Step 2: Download dan Install VirtualBox

Kalau di komputer Anda belum terinstall VirtualBox, silahkan download terlebih dahulu disini. Pilih versi sesuai kebutuhan Anda, kemudian install VirtualBox-nya.

Step 3: Install Linux Ubuntu di VirtualBox

Buka VirtualBox, kemudian buat mesin baru dengan klik tombol New.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (1)

Create new virtual machine

Kemudian beri nama pada mesin virtual, tipe sistem operasi (Linux), dan Version (Ubuntu). Jika sudah, klik Next.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (2)

Memberi nama mesin

Lalu tentukan berapa kapasitas memory RAM yang ingin kamu dedikasikan untuk komputer virtual. Disini saya memberikan kapasitas sebesar 1GB. Jika sudah klik Next.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (3)

Menentukan kapasitas RAM

Lalu pilih Create a virtual hard disk now. Kemudian klik Create.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (4) Kemudian pilih saja file tipenya VDI (VirualBox Disk Image). Lalu klik Next.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (5)Pilih Dynamically allocated. Kemudian klik Next.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (6)Lalu tentukan berapa besar space yang akan kita dedikasikan untuk komputer virtual ini. Pada tutorial ini, saya berikan 20GB, kemudian klik Create.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (7)

Menentukan space kapasitas hard disk

Oke, kita telah berhasil membuat komputer virtualnya. Sekarang klik Start untuk mengoperasikannya.

Cara Install Linux Ubuntu di VirtualBox (8)

Mulai mengoperasikan mesin virtual

Oh iya, karena kita belum memasukkan Image ISO ubuntu pada settingan, maka kita akan diminta memasukkannya dulu sebelum bisa melanjutkan. Klik icon folder untuk mencari lokasi file ISO yang sudah kamu siapkan. Jika sudah, klik Next.

Nah, setelah itu kita dihadapkan dengan boot screen dari Ubuntu, seperti yang biasa kita temui ketika menginstal di komputer.

Jika view pada komputer virtual kurang enak dilihat, kita bisa merubahnya ke Scale Mode. Caranya klik menu View >> Scale Mode.

Nah, saya rasa Anda bisa menghandle bagian ini. Selanjutnya kita tinggal melakukan penginstalan seperti biasanya saja. Saya akan berikan cuplikan gambar-gambarnya.

Proses instalasi selesai. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Apabila kita sudah merasa / atau tidak akan menggunakan komputer virtual lagi, kita bisa menghapusnya. Caranya, klik kanan pada komputer virtual, lalu pilih Remove. Jika muncul kotak konfirmasi, pilih Delete All Files, agar menghapus file-file yang tekait.

Nah, begitulah cara menginstal Linux Ubuntu di VirtualBox. Saya rasa cukup mudah.


'