Uncategorized

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer Lengkap


Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop – RAM adalah salah satu hardware yang berpengaruh terhadap performa komputer. Berfungsi sebagai device yang menyimpan sementara semua proses yang dijalankan, membuat peran Memory RAM ini sangat diperhitungkan. Karena kalau salah memilih kapasitas sejak awal, bisa-bisa pekerjaan Anda tidak ter-cover olehnya.

Jika komputer Anda sudah mulai terasa lambat ketika digunakan, bisa jadi Memory RAM kamu sudah tidak mampu meng-handle semua proses yang ada, atau mungkin sejak awal kamu sudah salah memilih memory. Tapi tenang, untuk mengatasi semua itu, kamu masih bisa meng-upgrade-nya. Dengan begitu, performa PC bisa lebih baik dan stabil.

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop
image: howtogeek.com

Melalui artikel ini, saya akan coba memberi step by step mulai dari memilih hingga memasangnya di PC.

Memilih dan Membeli RAM Baru Untuk PC

Memilih dan membeli RAM bukanlah hal yang sepenuhnya mudah, apalagi bagi para pemula. Namun, jangan terlalu anggap bagian ini susah juga ya…

Setiap motherboard PC memiliki slot RAM yang belum tentu sama antara satu dengan lainnya. Jadi, Anda harus mengetahui apakah jenis slot yang ada di motherboard yang ada di PC, apakah jenis DDR, DDR2, atau bahkan DDR3. Karena setiap jenis slot tidak sama. Selain jenis slotnya, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, seperti Latency, Voltage, dan Data Rate.

Jika belum yakin untuk memilih RAM sendiri, kamu bisa konsultasikan ke toko komputernya langsung untuk mendapatkan rekomendasi dari tim support mereka. Tapi ingat, yang terpenting adalah jenis slot pada RAM yang akan dibeli haruslah support dengan yang ada pada motherboard. Jika tidak, RAM yang dibeli tidak akan bisa terpakai.

Memasang RAM ke Motherboard PC

Untuk memasangnya ke motherboard, saya rasa tidak terlalu sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Kalau Anda yang pemula berpikir memasang RAM itu sulit, buang jauh-jauh deh pemikiran seperti itu. Karena itu akan membuat Anda tidak pernah bisa.

Sebelum melakukan pemasang ke motherboard, pastikan dulu kalau komputer sudah dalam kondisi mati dan tidak terhubung dengan arus listrik. Karena akan berbahaya bagi komponen lain. Berikut ini langkah-langkah memasang RAM baru pada komputer.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Buka casing pada PC Anda. Saya rasa ini cukup mudah, Anda tinggal melepas baut yang terpasang, kemudian buka penutup casing.

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop

2. Melepas RAM yang lama dari motherboard. Kamu bisa mengambilnya dengan tangan kosong (dalam artian tidak menggunakan alat apapun). Yang harus diperhatikan adalah, dua pengait yang terletak di ujung-ujung slot RAM-nya. Anda buka terlebih dahulu pengait tersebut, lalu cabut RAM dari slotnya.

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop

Atau jika tersedia dua slot RAM pada motherboard, dan
sebelumnya hanya terpasang di satu slot saja, kamu bisa meng-upgrade
Memory tanpa melepas yang lama, tetapi tinggal pasang saja yang baru.

3. Memasang RAM baru ke motherboard. Saat memasangnya, perhatikan kaki-kaki pin Memory sudah pas dengan lubang slotnya. Jangan sampai terbalik. Jika sudah pas, kamu tekan agak kuat, tapi jangan terlalu kuat sampai dua pengait yang ada tertutup dengan sendirinya.

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop

4. Setelah itu tutup lagi casing PC.
 

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop

5. Nyalakan komputer Anda. Jika komputer tidak mau booting, atau ada sedikit masalah, jangan panik! Mungkin RAM yang Anda pasang belum terpasang dengan benar. Pastikan lagi RAM tersebut sudah terpasang dengan kencang.

6. Cek hasilnya. Kemudian masuk ke bagian computer properties. Caranya klik start, di bagian computer klik kanan pilih properties. Lihat, apakah RAM kamu sudah bertambah. Jika sudah, berarti Anda telah sukses meng-upgrade RAM Anda.

Panduan Step-by-Step Cara Upgrade Memory RAM Komputer / Laptop

RAM memang perangkat yang selalu menjadi perhatian bagi pengguna komputer. Karena pekerjaan mereka bisa saja bergantung pada RAM ini. Semoga bisa membantu Anda yang kesulitan.

image source: pcmag.com