Learn

Pengertian dan Cara Kerja keyboard Komputer


Pengertian dan cara Kerja keyboard Komputer – Pada dasarnya komputer terdiri atas Hardware, software, dan brainware. Ketiganya sangatlah diperlukan agar sebuah komputer dapat beroperasi dengan baik. Adapun salah satu hardware penting dari sebuah komputer yaitu keyboard.

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

Keyboard merupakan alat input standard yang harus ada di setiap komputer. Keyboard dihubngkan ke komputer menggunakan sebuah kabel yang tersedia di keyboard. Ujung kabel dimasukan ke port yang ada di CPU komputer.

Cara Kerja Keyboard Komputer

Sebuah keyboard seperti miniatur komputer. Keyboard mempunyai prosesor sendiri dan rangkaian sirkuit yang membawa informasi menuju dan dari prosesor tersebut. Bagian terbesar dari rangkaian keyboard berupa “key matrix”.

Key matrix” adalah sebuah kisi rangkaian dibawah tombol-tombol keyboard. Di dalam keyboard, tiap rangkaiannya terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tiap tombol. Ketika kita menekan sebuah tombol, tombol tersebut menekan sebuah saklar, menjadikan rangkaian tersambung dan mengalirkan arus listrik melaluinya. Jika kita menekan lama pada tombol, prosesor mengenalinya sama dengan menekan tombol tersebut berulang-ulang..

Ketika prosesor menemukan rangkaian tertutup (tersambung karena adanya penekanan tombol), maka prosesor akan membandingkan lokasi yang rangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang tersimpan dalam ROM (read only memory) keyboard.

Peta karakter pada dasarnya adalah tabel daftar karakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau kombinasi tombol beserta karakter yang direpresentasikannya.

Sebagai contoh, peta karakter memberitahu prosesor bahwa menekan tombol “a” sendirian menghasilkan huruf kecil “a”, tetapi tombol Shift bersama tombol “a” bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital.

Baca Artikel Lainnya:

'