Learn

Pengertian dan Definisi Komputer Menurut Para Ahli


Dewasa ini, salah satu perangkat elektronika yaitu komputer sudah sangat berkembang, mulai dari segi bentuk maupun fungsi. Kata komputer sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yaitu COMPUTE, yang berarti menghitung. Penggunaan kata tersebut awal mulanya menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu.

Secara harfiah komputer bisa diartikan sebagai sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data baik berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan informasi yang kita kehendaki. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak ahli yang mendefinisikan arti dari komputer itu sendiri, seperti beberapa definisi tentang komputer dibawah ini.

Definisi komputer menurut para ahli

Menurut Donald H. Saders

Komputer adalah merupakan suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memory.

Menurut Elias M. Awad

Komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Menurut Gordon B. Davis

Komputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Menurut Larry Long dan Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Menurut Robert H. Bilssmer

Komputer adalah merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut VC. Hamacher ZG

Komputer adalah merupakan mesin penghitung elektronik yang bisa dengan cepat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Menurut William M Fuori

Komputer adalah merupakan suatu pemroses data (data processor) yang bisa melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

Menurut Williams, Sawyer

Kadalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

Itulah beberapa definisi komputer menurut para ahli. Semoga bermanfaat. 🙂