Learn

Pengertian dan Fungsi Motherboard


Pengertian dan Fungsi Motherboard – Hardware atau dalam bahasa Indonesia sering disebut perangkat keras komputer merupakan bagian komputer yang wujudnya dapat terlihat dan disentuh. Hardware juga dapat diartikan sebgai alat yang dapat menerima dan mengolah data. Saat ini, banyak sekal hardware yang bekerja pada komputer, baik hardware utama maupun hardware tambahan. Salah satu perangkat keras yang akan dibahas adalah Mainboard atau motherboard (papan iduk).

Pengertian Motherboard

Motherboard atau bdalam bahasa Indonesi sering disebut papn induk merupakan perangkat keras komputer berupa papan dan merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Tempat dimana semua hardware komputer terpasang dan saling terhubung.

Pengertian dan Fungsi Motherboard

Fungsi Motherboard

Fungsi utama motherboard adalah sebagai penghubung antar perangkat keras komputer. Artinya motherboard memiliki tugas untuk menghubungkan kode antar perangkat keras untuk satukan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh motherboard sebagai penghubung perangkat utama dan perangkat keras tambahan, seperti Prosesor, RAM (Memory), Harddisk, DVD, Power Supply, VGA Card, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin membeli motherboard, Anda harus menyesuaikan dengan perangkat keras lainnya. Artinya, Anda harus menyesuaikan socket yang ada di Motherboard dengan hardware lainnya, seperti halnya Prosesor dan RAM.  Karena tidak semua motherboard memiliki bentuk socket yang sama.

Di Indonesia sendiri sudah banyak merek-merek motherboard yang dijual di pasaran. Hal ini ditunjukan dengan persaingan yang ketat antara produsen mainboard. Seperti merek dan produk yang saat ini memiliki reputasi yang bagus di mata penggunanya: Gigabyte, MSI, Asus, ECS, dan lain sebgainya. Harganya pun bervariasi dan juga spesifikasinya.

Semoga dari semua yang dijelaskan tentang Pengertian dan Fungsi Motherboard diatas, dapat membantu Anda untuk menambah informasi serta wawasan.

Baca Artikel Lainnya:


'