Learn

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap


Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap – Sebenarnya informasi seputar topologi jaringan sudh banyak tersebar di  berbagai situs maupun blog. Topologi jaringan komputer ini memang banyak sekali yang mencari terutama bagi mereka yang sedang mengembangkan ilmu komputer atau IT. Informasi seputar macam-macam topologi jaringan pun bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan browsing atau menjelajah ke berbagai situ, tidak terkecuali situs pintarkomputer.com yang dengan senang hati ikut membagikan beberapa informasi seputar macam-macam topologi jaringan komputer.

Sebelumnya juga kita sudah pernah membahas tentang manfaat jaringan komputer, Jenis jenis jaringan komputer, dan lain sebagainya. Pada artikel ini mari bersama-sama kita simak pembahasan tentang topologi jaringan komputer.

Sebelum melanjutkan ke point utama, ada baiknya Anda mengetahui apa sih pengertian topologi jaringan komputer ataupun definisinya. Topologi jaringan merupakan sebuah desain jaringan komputer yang akan dibentuk serta menjelaskan bagaimana komputer-komputer tersebut dapat saling berhubungan antara satu sama lain. Topologi jaringan juga bisa memudahkan kita untuk memahami bagaimana jalur lalu lintas data yang terjadi pada sebuah sistem jaringan. Dengan begini, jika kita ingin melakukan perbaikan terhadap sebuah jaringan, kita tidak perlu lagi kebingungan untuk mulai memperbaikkinya dari mana. Karena topologi jaringan ini sudah menggambarkan sejelas-jelasnya bagaimana sistem jaringan tersebut terbentuk.

Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Bus

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap

Topologi ini merupakan topologi yang paling awal digunakan untuk menghubungkan komputer. Media transmisi yang digunakan pada topologi ini hanya menggunakan satu kabel panjang dengan dilengkapi beberapa terminal, dan pada akhir kabel tersebut harus diakhiri oleh satu terminator. Kabel coaxial lah yang menjadi media transmisi pada topologi ini. Meskipun terlihat simple, namun topologi bus sudah sangat jarang digunakan dalam membangun sistem jaringan. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa kekurangan yang diantaranya kemungkinan terjadinya tabrakan aliran data, dan juga jika pada salah satu perangkat terjadi keslahan maka jaringan tersebut langsung down.

2. Topolgi Ring / Cincin

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap

Sesuai namanya, pada topologi ini setiap komputer yang yang tersusun berbentuk cincin atau ring. Data token diberikan untuk memberikan izinuntuk setiap komputer agar dapat berkomunikasi. Dimana setiap node yang tersusun berkomunikasi dengan formasi melingkar membentuk ring,. Dengan kata lain setiap komputer saling terhubung antar dua komputer lainnya.

3. Topolgi Star / Bintang

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap

Pada topolgi ini, setiap komputer saling terhubung sedemkian rupa sehingga membentuk bintang, dimana setiap perangkat saling terhubung mengelilingi hub/switch sebagai consentrator nya. Topologi ini adalah yang paling sering digunakan pada jaringan LAN (local Area Network). Topologi ini sering digunakan di rumah, kantor, sekolah, lab komputer, dan lain sebagainya. semua komputer yang terhubung pada topologi star memerlukan hub, switch, ataupun router dengan media transmisinya adlah kabel UTP / STP.

4. Topologi Mesh / Jala

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap

Pada topologi ini setiap komputer saling terhubung satu sama lain. Dengan kata lain setiap komputer dapat langsung berkomunikasi dengan komputer lainnya. Akibatnya, untuk menerapkan topologi ini, setiap komputer harus memiliki banyak interface agar bisa terhubung dengan komputer-komputer lain.

5. Topologi Tree / Pohon

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Pada Jaringan Komputer Lengkap

Topolohi ini bisa juga disebut sebagai penggabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi ini biasa juga disebut sebagai topologi bertingkat, dan sangat cocok untuk diterapkan di kantor-kantor yang bertingkat. Topologi jaringan komputer Type Tree ini paling ideal  digunakan pada sistem jaringan komputer. Pada jaringan Tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengontrol simpul dibawah tingktannya. Kombinasi topologi ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.

Baca artikel populer: