Uncategorized

Pengertian dan Penjelasan Tentang Sistem Operasi Komputer


Pengertian dan Penjelasan Tentang Sistem Operasi Komputer – Kalau kita browsing atau mencari-cari di internet, pasti banyak sekali pengertian ataupun definisi tentang sistem operasi itu sendiri. Dari sekian banyak pendapat yang ada, saya mengambil sedikit dari situs wikipedia. Bahwa sistem operasi adalah “seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak”.

Pengertian dan Penjelasan Tentang Sistem Operasi Komputer

Masih dari wikipedia, disana dikatakan bahwa “tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan prgram aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting”. Menyimpulkan dari pernyataan ini, saya sendiri berpendapat bahwa “Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dengan perangkat keras komputer”

Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.

Fungsi Sistem Operasi

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Pengertian dan Penjelasan Tentang Sistem Operasi Komputer 2

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan fasilitas yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses fasilitas tersebut. Sistem operasi juga sering  disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Jenis-Jenis Sistem Operasi


Ada banyak sekali macam-macam sistem operasi yang dapat kita temui di pasaran. Dari sekian banyak sistem operasi yang, terbagi menjadi 3 kelompok besar. Mulai dari yang berbayar serta yang bersifat open soure (gratis), diantaranya yaitu:
Windows
Linux
Mac OS

Nah, bagaimana? Semoga penjelasan tentang sistem operasi yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mendalami komputer.


'