Uncategorized

Pengertian TX dan RX


Pengertian TX dan RX – TX dan Rx menggunakan protokol yang diiimplementasikan dalam sebuah perangkat bernama UART (Universal Asynchronaus Receiver / Transmitter). Rx adalah jalur penerimaan data (perpindahan data) dari satu komputer ke komputer lain. Rx biasa disebut received, yang berguna menangkap data yang dikirim oleh transmitter (Tx). Tx disebut transmit yang berfungsi untuk mengirim data/mengeluarkan data, atau merupakan jalan yang dilalui dalam mengirim data antar device. data akan dikirim melalui Tx (transmitter) dan di ujung lainnya data akan diterima melalui Rx (Received).

Biasanya 1 pasang untuk Tx (berfungsi mengirim informasi) yaitu pada pin nomor 1 (TX+) dan 2 (TX-). 1 pasang untuk Rx (berfungsi menerima informasi) yaitu pada pin nomor 3 (RX+) dan 6 (RX-).

Sedangkan 2 pasang lainnya tidak terpakai (Not Connected), yg dpt digunakan untuk mengirim daya listrik (power over Ethernet) untuk mencatu perangkat yg ada di ujung kabel UTP.

Susunan kabel berdasar Tx dan Rx

Pengertian dan Penjelasan tentang TX dan RX pada Sistem Pengkabelan Jaringan Komputer

Pada gambar diatas terdapat dua buah jenis susunan kabel jaringan yaitu Straight dan Crossover. Kedua kabel ini memiliki susunan warna yang berbeda, itu dikarenakan fungsi yang berbeda pula.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Crossover Cable adalah jenis kabel yang digunakan langsung untuk koneksi dari PC ke PC, Switch ke Switch, intinya crossover cable ini digunakan untuk menghubungkan device yang satu jenis. Berdasarkan gambar diatas, Crossover / cross cable adalah kabel yang secara manual maping signal output pada satu konektor ke input di konektor yang satu nya lagi atau TX + dari satu konektor di Maping ke RX + di konektor yang lain dan TX – di konektor yang satu ke RX – di konektor yang lain.

Straight Cable adalah jenis kabel yang biasanya digunakan untuk koneksi dari komputer ke HUB, komputer ke switch, yang intinya kabel jenis ini digunakan untuk menghubungkan jenis device yang berbeda. Pada dasarnya, sistem TX dan RX pada kabel straight tidak berbeda dengan yang ada di kabel Crossover. Untuk kabel straight, Anda tidak perlu repot menentukan pasangan TX dan RX nya, Anda cukup menyamakan posisi disatu sisi dengan sisi lainnya.

Nah itulah penjelasan tentang pengertian TX dan RX. Pada intinya, jika ada pengirim (TX) pasti ada Penerima (RX). Jika dua hal ini tidak terpenuhi, maka sistem jaringan tidak akan berjalan.

Baca artikel populer:


'