Uncategorized

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Printer Dot Matrix


Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Printer Dot Matrix – Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan.

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Printer Dot Matrix
Gambar Printer Dot Matrix

Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja. Dan jarang sekali yang dapat menggunakan ketiga warna ini secara sekaligus.Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Kecepatan kinerja printer jenis ini diukur dengan jumlah karakter yang bisa dicetak per detik dengan satuan cps (character per second). Beberapa printer jenis ini berkecepatan 500 cps.

Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pada Printer Dot Matrix

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan Printer Dot Matrix:

  1. Pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis ink jet dan laser jet.
  2. Jenis printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color ada pula yang berjenis non-color.
  3. Untuk printer color, digunakan pita(karbon/ribbon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah, dan kuning.
  4. Dapat mencetak rangkap sekaligus.
  5. Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar



Kekurangan Printer Dot Matrix:

  1. Pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.
  2. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras.
  3. Kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan seperti titik – titik yang saling berhubungan.
  4. Geraknya sangat lambat
  5. Warna yang dihasilkan tidak bervariasi 
  6. Sekian penjelasan dari Penulis tentang Printer Dot Matrix. Semoga apa yang sudah Penulis tulis ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih telah membaca artikel ini.
Baca Artikel Lainnya: