Uncategorized

Pengetahuan Dasar Tentang Perintah Ping Dalam Jaringan Komputer


Ping adalah suatu utilitas yang biasa digunakan untuk mengecek koneksi antara dua perangkat atau komputer dalam jaringan komputer. Ping biasanya dijalankan melalui terminal ataupun command prompt di windows.

Mengingat sejarah singkat tentang “ping”. Pada Desember 1983, Mike Muuss mulai menulis program ini sebagai sarana yang digunakan untuk mencari masalah yang terjadi dalam jaringan komputer. Nama “ping” sendiri diambil dari suara echo (sonar) yang dihasilkan kapal selam yang aktif, yang selalu mengeluarkan bunyi “ping” ketika menemukan objek.

Pengetahuan Dasar Tentang Perintah Ping Dalam Jaringan Komputer

Dibawah ini merupakan hal-hal yang menjadi dasar pengetahuan tentang perintah ping. Apa saja itu? simak ulasan berikut.

1. Ping merupakan singkatan dari Packet InterNet Groper, protocol yang digunakan adalah Internet Control Message Protocol.

2. Cara kerja “Ping” dengan mengirimkan sebuah paket kepada suatu host yang dituju dan menunggu respon balik dari host yang dituju tersebut. Apabila host tujuan merespon pesan tersebut, maka akan muncul notifikasi reply..

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Perintah “ping” terdapat pada setiap sistem operasi, Linux, Windows, Mac, dan semua jenis Network Operating System.

4. Setelah melakukan perintah ping, biasanya akan muncul salah satu dari 3 hasil ping berikut ini.

a. Reply from… artinya host yang menjalankan perintah ini sudah terkoneksi dengan alamat tujuannya. Komputer yujuan berhasil merespon pesan yang dikirimkan oleh komputer yang menjalankan perintah ping.

b. Requests time out (RTO)… artinya komputer atau host yang menjalankan perintah ping tidak dapat terkoneksi dengan alamat komputer tujuan. Komputer tujuan tidak dapat memberikan respon terhadap komputer yang menjalankan perintah ping tadi.

c. Destination host unreachable… artinya komputer yang menjalankan perintah ping mencoba untuk menghubungi komputer yang berbeda segment atau tidak satu LAN dengannya dan tidak berhasil mencapai komputer yang dituju.

5. Biasanya untuk menjalankan perintah ping selalu disertai dengan IP address ataupun nama komputer tujuan.

6. Ping bekerja dengan menggunakan protocol OSI Layer ke 3 atau Layer Network

7. Untuk mengecek keadaan dari NIC, biasanya digunakan perintah ping localhost

Itulah beberapa dasar pengetahuan tentang perintah ping yang biasa digunakan dalam jaringan komputer. Semoga bermanfaat. 🙂