Uncategorized

Penyebab Komputer / Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya


Penyebab Komputer / Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya – Ketika sedang asyik – asyiknya bermain game di komputer / laptop secara tiba – tiba komputer itu mati sendiri. Tentu hal ini sangat membuat kesal para pengguna komputer itu sendiri.

Kejadian seperti ini sering terjadi di sekeliling kita atau bahkan anda yang membaca artikel ini pernah mengalaminya juga. Jika anda mengalami kejadian seperti ini, jangan langsung membawa komputer atau laptop anda ke teknisi komputer, cari tahu dulu penyebabnya apa, lalu lakukan tindakan. Sebenarnya penyebab komputer/laptop mati secara tiba – tiba bisa dari softwarenya yang bermasalah atau hardwarenya yang juga bermasalah atau sudah berumur dan ini yang sering terjadi.

Penyebab Komputer / Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Oke kita perhatikan aspek – aspek dibawah ini, siapa tahu salah satunya adalah penyebab komputer / laptop anda mati dengan sendirinya.

Terlalu Panas atau Overload

Suhu laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan laptop itu mati secara tiba – tiba. Biasanya yang menyebabkan laptop menjadi panas adalah menempatkan laptop ditempat yang empuk seperti kasur, bantal, dll karena apabila diletakkan ditempat seperti itu sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas sulit keluar dan digantikan udara baru, sehingga udara panas yang berada didalam laptop juga menyebabkan hardware – hardware didalamnya menjadi panas.

Solusi : Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa meletakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras, sehingga sirkulasi udara tidak terganggu. Namun jika anda tidak mau beranjak dari kasur, maka gunakan papan yang keras sebagai alasnya. Namun jika laptop masih panas, gunakan colling pad supaya sirkulasi udara cepat berganti.

RAM Bermasalah

Jika RAM bermasalah bisa membuat RAM sulit bekerja dengan optimal, sedangkan pekerjaan pada komputer membutuhkan kinerja dari RAM yang optimal, jadi pada kondisi seperti ini hardware komputer lain bekerja lebih keras sehingga komputer cepat panas. Penyebabnya bisa jadi RAM yang digunakan berdebu.

Solusi : Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita bisa membersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus saja. Cukup bersihkan pada bagian kuningan RAM hingga bersih, jangan menggunakan tangan sebab dikhawatirkan tangan yang berminyak akan meninggalkan bekas.
Jika diperlukan, kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan agar kinerja RAM bisa lebih optimal dan komputer bekerja lebih ringan.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

PASTA Pada Processor Mengering

Biasanya pada komputer / laptop yang sudah berumur, pasta yang terdapat pada processor-nya sudah mengering. Ya memang kita tidak bisa mengandalkan pasta untuk selama – lamanya, ada kalanya pasta itu harus diganti.
Solusi : Beri pasta pada processor, dengan cara ambil processor dari komputer / laptop kemudian oleskan pasta secara merata. Harga pasta sangat murah, dan bisa dibeli di toko – toko komputer terdekat. Biasanya disebut thermal pasta.

Komputer / Laptop Berdebu

Jika komputer / laptop sudah berdebu maka udara di dalamnya bisa terhambat keluar, dan hardware dalam komputer / laptop bisa cepat panas karena sirkulasi udara terganggu. Apabila komputer / laptop terlalu lama panas, lama – kelamaan tidak akan bertahan dan secara tiba – tiba akan mati sendiri.
Solusi : Bongkar komputer / laptop lalu bersihkan debu – debu dengan kuas, dan pastikan saluran udara juga bersih dari debu.

Mainboard Bermasalah

 Jika mainboard yang sudah tidak sehat atau berumur tua ada kalanya mainboard tersebut sudah tidak bisa bertahan untuk digunakan dalam waktu yang lama bahkan akan menyebabkan mati ketika sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat.
Solusi : Saran saya agar mengganti mainboar dengan yang baru, karena apabila mainboard sudah rusak itu sangat sulit untuk bisa bekerja dengan optimal. 
Diatas adalah tips dan trik yang bisa dilakukan, tentunya kita tidak mau hardware – hardware pada komputer / laptop rusak gara – gara proses shutdown yang tidak sesuai dengan prosedur, dalam hal ini komputer / laptop mati dengan sendirinya.

'