Uncategorized

Petunujuk Penggunaan Start Menu Windows 10


Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10 – Sejak peluncuran Windows 95, Start Menu memang digunakan sebagai cara utama bagi pengguna untuk dapat mengakses file dan aplikasi dengan mudah. Microsoft sempat menghilangkan fitur start menu pada Windows 8 yang benar – benar berbeda dari windows sebelumnya. Namun kini Start Menu kembali dan menjadi lebih baik di Windows 10.

Ada beberapa perubahan pada start menu miliki Windwos 10. Ada lebih banyak fungsi dan pilihan kostumisasi, namun cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari fitur ini mungkin perlu mengikuti panduan yang kami berikan.

Getting Started

Start Menu pada Windows 10 bertujuan untuk menawarkan fitur yang lebih baik dari versi – versi sebelumnya. Untuk membukanya cukup tekan tombol Windows di sudut kiri bawah, atau tekan tombol Windows pada keyboard.

Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10

Seperti yang bisa Anda lihat, kolom sebelah kiri menawarkan akses cepat ke aplikasi dan utilitas, masih sama seperti Start Menu sebelum – sebelumnya. Sedangkan area sebelah kanan diisi dengan Live Tiles. Anda bisa klik kanan salah satu Tile untuk mendapatkan opsi untuk update otomatis atau tidak ketika terkoneksi internet, mengubah ukuran, atau menghapus dari Start Menu.

Akses Pengaturan Start Menu

Anda dapat menyesuaikan beberapa aspek dari Start Menu langsung dari Desktop Anda, tetapi untuk yang lebih mendalam, Anda harus mengakses opsi personalisasi yang terletak di menu Settings. Untuk akses mudah, klik kanan sembarang tempat pada Desktop dan klik Personalize, lalu arahkan ke bagian Start.

Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10

Ini adalah tempat untuk menetapkan apa yang ingin Anda lihat di Start Menu Anda. Pastikan untuk mengklik pada link Customise List untuk melihat pilihan yang muncul di sana. Anda juga dapat beralih antara Start Menu Standar dan varian lainnya, sebagian besar pengguna lebih memilih yang pertama, tetapi peminat Windows 8 mungkin ingin mencoba Start Menu dengan layar penuh.

Pin

Pertama, arahkan ke bagian pengaturan dari aplikasi apa yang Anda cari untuk pin ke Start Menu. Saya menggunakan pengaturan Start, tetapi metode adalah sama apa pun yang Anda pilih. Klik kanan bagian yang diinginkan di kolom paling kiri dari aplikasi Settings, dan pilih Pin to Start.

Anda harus menemukan link langsung ke bagian yang tepat dalam Start Menu Anda. Untuk menghapusnya, klik kanan shortcut dan pilih membuka Unpin From Start.

Beralih ke Mode Tablet atau Mobile

Salah satu poin penjualan terbesar dari Windows 10 adalah kemampuannya untuk menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai perangkat. Seperti fitur pada Start Menu, yang memiliki mode tablet atau mobile.
 
Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10
 
Untuk mengaktifkan Mode Tablet, arahkan ke Settings > System > Tablet Mode. Anda akan menemukan toggle untuk mode itu sendiri. Menggunakan dropdown, Anda dapat memilih apakah Anda ingin default sebagai mode tablet atau desktop, atau hanya menyimpan pengaturan Anda miliki ketika Anda terakhir login ke perangkat.
 

Menambahkan Warna

Live Tiles membuat Start Menu lebih hidup, tapi mungkin stelan default dari tampilan Start Menu bukanlah selera Anda, maka dari itu Anda diberi kebebasan untuk memilih warna yang disuka.

Untuk mengubahnya, arahkan ke Settings > Personalization > Colors. Gulir ke bawah untuk beralih ditandai Show color on Start, taskbar and action center dan memastikan bahwa itu diatur ke On.

Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10

Anda juga dapat memilih untuk Make Start, taskbar and action center transparan dengan toggle switch yang sesuai. Pilihan ini diperuntukkan untuk membentuk, daripada fungsi, sehingga merasa bebas untuk mencampur dan mencocokkan selera Anda.

Menonaktifkan Pencarian Internet

Windows 10 penuh dengan fitur baru, dan banyak orang akan berpendapat bahwa search bar Desktop adalah salah satu tambahan yang lebih berguna yang telah dibuat Microsift. Fitur yang menggabungkan hasil pencarian internet dengan barang yang ditemukan di komputer Anda sering membuat hal-hal yang lebih sulit untuk menemukan sesuatu.
 
Jika Anda lebih memilih untuk pencarian web sebaiknya Anda memisahkan dengan konten yang disimpan secara lokal pada PC Anda, Anda dapat menonaktifkan bagian online search bar cukup mudah. Pertama, buka Windows Firewall with Advanced Security. Anda harus membuat Outbound Rule for a Program, dan menentukan Program Path ketika tools meminta Anda melakukannya.

Path yang Anda butuhkan untuk menavigasi, arahkan ke Windows > SystemApps > Microsoft.Windows.Cortana_cw5n1h2txyewy > SearchUI.exe. Setelah Anda menemukan itu, pastikan bahwa Anda menetapkan semua koneksi yang akan diblokir. 

Petunujuk Untuk Start Menu Windows 10

Setelah itu selesai, Anda masih dapat menggunakan search bar, namun tidak akan mendapatkan hasil dari internet. Aturlah Firewall Anda untuk mencegah sambungan.

Itulah sedikit tips dari kami untuk mengambil keuntungan dari fitur Start Menu Windwos 10. Jika ada tips lain, boleh di share di sini.