Uncategorized

Prosedur Mengatasi PC Mati Total


Yups, pada artikel kali ini penulis akan memberikan prosedur mengatasi pc mati total. Ketika pc Anda mati total jangan beranggapan bahwa semua komponen yang ada dalam pc sudah tidak bisa dipakai lagi, itu salah. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui komponen mana yang rusak ?
Dibawah akan saya jelaskan prosedur yang benar dalam mengatasi pc yang mati total.

Dalam melakukan troubleshooting ini. Pastikan anda melepas semua kabel data/power pada perangkat penyimpanan seperti Harddisk dan DVD-ROM. Karena perangkat – perangkat tersebut tidak berpengaruh terhadap masalah ini.

1. Kabel Power

Pastikan kabel power yang Anda gunakan tidak putus. Jika Anda penasaran pada kabel power yang Anda gunakan, Anda bisa mengecek dengan cara menghubungkan ujung kabel power dihubungkan dengan menggunakan multi tester / multi meter. Jika tidak terdengar suara beep dari multi meter tersebut itu tandanya kabel power sudah putus.

2. Power Supply

Setelah kita cek kabel power dan ternyata baik – baik saja, langkah selanjutnya adalah mengecek power supply.Pada pengecekan power supply ini seharusnya penulis membuat pembahasan khusus, namun disini akan penulis sampaikan intinya saja.

  • Ambil kabel power 20pin.
  • Hubungkan 1 Kabel yang berwarna hijau dengan 1 kabel yang berwarna hitam menggunakan kawat atau logam lainnya. Yang mana saja asal warna hijau dengan warna hitam.
  • hubungkan dengan listrik. Lihat apakah kipas pada power supply menyala atau tidak. Jika kipas menyala maka power supply masih baik.

Pastikan juga port power yang 20 pin di motherboard baik – baik saja.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Mainboard

Pastikan komponen yang terpasang pada mainboard sudah terpasang dengan mantap. Seperti kabel power 20 pin, itu harus terpasang dengan baik.

4. Front Panel

Jika power supply tidak ada masalah, sekarang kita cek bagian front panelnya. Berfungsi atau tidaknya front panel bisa kita cek dengan cara menghubung singkar pin – pin yang ada pada front panel.

  • Dalam hal ini kita gunakan obeng.
  • Cari 2 pin power pada front panel.
  • Pastikan PC dalam keadaan tersambung listrik.
  • Lalu hubungkan 2 pin tadi dengan obeng.
  • Jika PC tidak memperlihatkan tanda – tanda hidup itu artinya front panel sudah tidak berfungsi lagi. Namun jika PC hidup itu berarti front panel masih dalam keadaan baik. 

5. Kabel Front Panel

Anda pasti tahu yang mana kabel front panel yang penulis maksud. Periksa kabel yang menghubungkan frint panel ke tombol power. Biasanya kabel yang tipis ini terputus atau solderan pada pangkal kabel lepas. Pastikan semua baik – baik saja.

Langkah diatas bisa Anda terapkan apabila Anda menemukan kerusakan seperti pc mati total. Demikian artikel tentang Prosedur Mengatasi PC Mati Total.

Baca juga :
Cara Mudah Mengatasi PC Hidup Tapi Tidak Tampil


'