Tips

Rekomendasi 4 Situs Yang Aman Untuk Download APK Android


Terkadang ketika ingin menginstal sebuah aplikasi Android kita tidak mau menginstalnya via Google Play Store, malah memilih untuk mendapatkan file APK dari aplikasi yang diinginkan dengan alasan ketika suatu saat ingin menginstall kembali, tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi dari Play Store. Nah terkadang juga kita pernah mencari aplikasi di Play Store ternyata aplikasi tersebut sudah tidak ada lagi di Play Store, bisa jadi karena dihapus dari Play Store atau hal yang lainnya, biasanya kalau memang benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut, kita berusaha mencari file APK-nya di Google.

Di bawah ini akan saya ulas beberapa situs terpercaya yang saya rekomendasikan untuk Anda yang gemar mencari file APK.

APK Store

Pentingnya Memilih Website Download APK Yang Aman

Seperti yang kita ketahui bersama file APK merupakan file yang digunakan oleh Android pada awal proses install aplikasi. Coba perhatikan pada saat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, pertama Play Store akan mendownload aplikasi untuk Anda, kemudian terjadi proses instalasi yang berjalan di latar belakang, nah pada saat itulah file APK di eksekusi. Namun sayangnya kita tidak mendapatkan akses ke file APK tersebut secara langsung.

Karena APK adalah file pertama yang dieksekusi saat proses instalasi, bisa saja penyedia file APK menaruh script jahat pada file APK yang dapat menimbulkan kerusakan sistem atau malware. Oleh sebab itu sangat penting mendownload APK dari situs-situs terpercaya.

Anda perlu memastikan situs yang Anda kunjungi merupakan situs terpercaya.

1. APKMirror

APKMirror adalah salah satu situs penyedia file APK yang populer. Situs ini dimiliki dan dioperasikan langsung oleh tim yang sama yang mengelola situs Android Police, jadi saya percaya dengan situ ini dan merekomendasikannya untuk Anda.

APKMirror

Dari sudut pandang keamanan APKMirror memiliki kebijakan yang sangat baik:

  1. Staf memverifikasi semua APK yang diunggah ke situs sebelum dipublikasikan.
  2. Situs mencocokkan tanda tangan kriptografis untuk versi aplikasi baru dengan versi sebelumnya (untuk memastikan pengembang yang sebenarnya menandatanganinya).
  3. Aplikasi baru dicocokkan dengan aplikasi lain dari pengembang yang sama untuk memverifikasi keabsahannya.
  4. Intinya adalah bahwa jika APKMirror tidak dapat memverifikasi validitas file APK, file itu tidak akan diterbitkan. Karena itu, Anda tidak akan menemukan APK modded, aplikasi bajakan, atau aplikasi berbayar di situs.

Untuk setiap aplikasi, Anda dapat mengambil versi yang lawas, melihat berbagai informasi yang ditarik dari Google Play, dan mengakses daftar aplikasi terkait. Jika aplikasi yang Anda instal dari APKMirror menerima pembaruan dari Google Play setelah Anda menginstalnya di perangkat Anda, itu akan ditingkatkan ke versi terbaru secara otomatis.

2. APK Pure

APK Pure bisa disebut sebagai pesaing utama dari APKMirror. Kedua situs dilaunching pada waktu yang hampir bersamaan. Sama seperti APKMirror, APK Pure juga menerapkan prosesdur keamanan untuk file APK yang diterbitkan demi melindungi . keamanan pengguna.

APK Pure memverifikasi keabsahan semua aplikasi sebelum diterbitkan dengan menggunakan SHA1 untuk memastikan sertifikat aman. Tanda tangan kriptografis untuk versi aplikasi yang baru harus cocok dengan versi yang diterbitkan sebelumnya, dan seluruhnya aplikasi baru cocok dengan perangkat lunak lain dari pengembang yang sama.

Sekali lagi, jika ditemukan kecurigaan tentang keamanan atau asal-usul suatu aplikasi, APKPure tidak akan mempublikasikannya di situs. Tidak ada APK modded. Dalam situs ini informasi aplikasi dilengkapi dengan screenshoot layar, deskripsi aplikasi, dan metadata umum langsung dari Google.

Ada juga daftar rilis aplikasi sebelumnya jika Anda ingin kembali ke versi yang lebih lama (baik karena fitur atau bug.)

APK Pure juga memiliki Aplikasi Android. Anda perlu melakukan sideload aplikasi untuk menginstalnya, tetapi begitu aplikasi ini berjalan dan berfungsi, ia dapat bertindak sebagai pengganti Google Play.

3. APK Store

Meskipun APKMirror dan APK Pure adalah yang terbaik menurut saya,  saya tetap menambah daftar rekomendasi buat Anda, yaitu APK Store. tadinya adalah APK Downloader.

Semua APK ditarik dari Google Play Store sehingga Anda dapat yakin dengan keamanan dan keselamatannya. Seperti halnya situs lain dalam daftar ini terdapat metadata dari Play Store, yang berarti Anda dapat menghindari Google Play jika diinginkan.

4. Aptoide

Aptoide adalah raksasa lain dari dunia pengunduh APK, memiliki lebih dari 200 juta pengguna dan bertanggung jawab atas enam miliar unduhan. Seperti APK Pure, situs ini menawarkan Aplikasi Android yang memungkinkan Anda mengakses toko dan mengunduh file APK langsung dari perangkat Android Anda.

Dimana pun Anda mengunduh APK, pastikan dari sumber terpercaya. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa share. ^_^