Software

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menghitung IP Address (IPv4 dan IPv6)


Para pegiat networking pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah IP Address. Yaa IP Address bisa dibilang seperti santapan sehari-hari, sudah pasti familiar dengannya. Ketika sedang meng-config jaringan pasti sang Network Enginer sering menghitung-hitung IP Address. Menghitung berapa client yang bisa mengakses jaringan A, di jaringan B berapa client yang bisa mengakses, begitulah pekerjaan dasar seorang Network Enginer. Seorang akademisi juga tidak ketinggalan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan IP Address ini. Misalnya anak-anak SMK jurusan TKJ, mereka hampir setiap hari berjibaku dengan jaringan, pasti erat hubungannya dengan IP Address, dan mereka dituntut untuk mengerti bagaimana perhitungan IP Addres.

Nah di dalam artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana cara menghitung IP Address, karena itu sudah pernah dibahas dalam artikel lain yang berjudul:

Cara Cepat Belajar Menghitung IP Address Bagian 1

Dalam artikel tersebut sudah dibahas tuntas bagaimana cara menghitung IP Address. Nah bagi teman-teman yang mungkin belum memiliki pengetahuan dasar mengenai perhitungan IP Address diharapkan untuk membaca dan mempraktikan sendiri.

Seringkali untuk menghitung IP Address, kita membutuhkan yang instan, hehe. Tidak masalah bagi siapa saja yang suka instan, seperti saya. Saya merekomendasikan bagi teman-teman sebuah aplikasi yang digunakan untuk menghitung IP Address (IPv4 dan IPv6). Aplikasi ini berbasis Android yang bisa teman-teman  download di link di bawah ini.

DOWNLOAD APLIKASI

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.