Review

Review: EaseUS Partition Master, Tools yang Sangat Banyak Fitur


EaseUS Partition Master – Di artikel kali ini saya ingin me-review sebuah software yg berguna untuk me-manage penyimpanan pada komputer. Sebenarnya tools serupa sudah secara default tersedia hampir di setiap sistem operasi, seperti di windows ada Disk Management, di Linux Ubuntu ada GParted, dll. Hanya saja, fitur yg disediakan oleh masing-masing tools di tiap OS tersebut sangat terbatas sedangkan kebutuhan user akan fitur sangat banyak.

Maka hadirlah banyak software pihak ketiga yg berusaha menutupi kekurangan yg ada pada software bawaan OS tersebut. Salah satunya EaseUS Partition Master.

Review EaseUS Partition Master, Tools yang Sangat Banyak Fitur

Penilaian awal saya saat pertama kali menggunakannya, fitur-fitur yang ada pada software ini sudah mencukupi kebutuhan (saya harap ini tidak berlebihan ^_^). Ditambah lagi interface yang memanjakan user, sehingga siapa pun dapa mudah mempelajari fitur-fitur yg ada pada software ini.

Untuk siapa software ini diperuntukan?

Software ini bisa digunakan untuk siapa saja yang membutuhkan fitur ekstra yang fitur tersebut bisa jadi tidak dapat ditemukan pada tools bawaan OS seperti Disk Management (yang sudah kita singgung di awal).

Fitur apa saja yang tersedia?

Ada banyak fitur yang disediakan software ini. Untuk memaksimalkan kapasitas hard disk, kita dapat menfaatkan fitur Resize/Move Partition, Merge partition, Wipe partition, Format/Delete partition, dan sebagainya.

Untuk memaksimalkan kinerja hard disk, tersedia juga fitur SSD 4K Alligment, Disk/Partitions conversion (konveri NTFS ke FAT, atau konversi MBR ke GPT dan sebaliknya tanpa menghapus data yang ada), serta Cleanup & Optimization.

Software ini juga menyediakan wizard-wizard yang memudahkan pengguna untuk menggunakan fitur-fitur tertentu, seperti Partition Recovery Wizard, Clone disk wizard, Migrate OS to SSD/HDD wizard, dan sebagainya.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan software ini?

Dengan banyaknya fitur yg disediakan, maka banyak pula hal yang dapat dilakukan. Jika pada tools bawaan Windows, kita hanya dapat melakukan Shrink Volume, Format partition, mengganti label, delete partition, maka pada Partition Master lebih banyak hal yang dapat kita lakukan, misalnya seperti konversi sistem MBR ke GPT, Merge Partition, dan masih banyak lagi.

Review EaseUS Partition Master, Tools yang Sangat Banyak Fitur

Gratis atau berbayar?

EaseUS Partition master memiliki versi yg gratis (Partition Master Free) dan berbayar (Partition Master Pro $59.95 dan Partition Master Server $259.00). Ketika artikel ini ditulis, harga normal tersebut mendapatkan diskon 20%. 🙂
Hanya saja untuk versi gratis, kapasitas hard disk yang didukung terbatas hanya 8TB, sedang versi yg berbayar tidak memiliki batasan kapasitas hard disk.

Selain itu untuk versi yang gratis ini, hanya support fitur Manage disk partitions pada umumnya, seperti resize, move, deleted, format, dll.

Fitur lain seperti konversi sistem MBR ke GPT, Technical Support tidak dapat dinikmati pada versi gratis

Jika kamu membutuhkan tambahan fitur untuk menyelesaikan permasalahan pada hard disk atau media penyimpanan lainnya, saya sangat menyarankan untuk menggunakan software ini.

Selengkapnya tentang EaseUS Partition Master.